MotoGP

Quartararo Bersinar di Musim Debut, Marquez: Dia Merupakan Kejutan

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 20 Juli 2019 - 09:25 WIB
Quartararo Bersinar di Musim Debut, Marquez: Dia Merupakan Kejutan

Pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo. (Foto: Tobias SCHWARZ/AFP)

CERVERA, iNews.id - Pembalap tim MotoGP Repsol Honda Marc Marquez merasa prestasi rider Petronas Yamaha Fabio Quartararo musim ini mengejutkan. Marquez yakin pemalap Prancis itu bisa memberikan perlawanan yang lebih sengit pada sisa musim ini.

Meski merupakan debutan, Quartararo mampu meraih tiga kali pole position, yakni pada Grand Prix (GP) Spanyol, Katalan dan Belanda. Marquez yakin Quartararo bisa saja melaju lebih baik, jika tak mengalami kendala pada pramusim.

“Saya rasa kehadirannya merupakan kejutan yang bagus bagi MotoGP, dan mimpi buruk untuk rivalnya. Mungkin dia sedikit kesulitan di pramusim, namun menjadi lebih baik sembari musim berjalan,” kata Marquez kepada Motorsports.

Pembalap asal Spanyol itu merasa Quartararo musim ini bisa beradaptasi dengan baik. Kondisi mentalnya juga terbilang cukup bagus, mengingat persaingan di MotoGP begitu ketat.

“Sepertinya Quartararo mampu mengendalikan motor Yamaha dengan baik dan menujukkan potensi motornya. Dia bisa mengatasi tekanan dengan baik sejak pertama kali tiba di MotoGP,” ujarnya.

Prestasi Quartararo yang bersinar selama musim ini membuatnya kerap dibandingkan dengan Marquez. Namun, pembalap berusia 26 tahun itu merasa tekanan yang diterima Quartararo tidak sebesar dirinya.

Pasalnya, Marquez melakukan debut dengan status juara dunia Moto2, dan bergabung di tim pabrikan. Sementara Quartararo musim lalu hanya menempati peringkat ke-10 Moto2, sebelum mengendarai motor milik tim satelit.

“Dia memang tidak balapan seperti saya pada 2013 silam, yang penuh tekanan. Pembalap debutan biasanya tak mendapat tekanan yang berarti, karena setiap hasil dianggap bagus,” tutur lima kali juara dunia MotoGP itu.

Pembalap yang identik dengan nomor 93 itu menganggap Quartararo sudah cukup bagus dengan beberapa hasil podium. Tetapi, Marquez yakin rivalnya itu akan dituntut menjadi juara jika mendapat motor pabrikan.

“Hasil podium atau lima besar sudah sangat bagus. Tekanan mulai datang ketika ada keharusan untuk menang. Semua akan memberikan tekanan untuk menjadi juara,” ucapnya.


Editor : Haryo Jati Waseso