Indian Wells 2019

Rafael Nadal Mengundurkan Diri, Roger Federer ke Babak Final

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 17 Maret 2019 - 16:24 WIB
Rafael Nadal Mengundurkan Diri, Roger Federer ke Babak Final

Petenis asal Spanyol Rafael Nadal. (Foto: Yong Teck Lim/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP)

INDIAN WELLS, iNews.id – Laga penuh gengsi antara petenis Spanyol Rafael Nadal dengan Roger Federer asal Swiss pada babak semifinal Indian Wells Masters 2019, Minggu (17/3/2019), terpaksa dibatalkan. Nadal mengundurkan diri akibat cedera lutut, sehingga Federer melaju ke final.

Cedera memang menjadi permasalahan utama Nadal sepanjang tahun ini. Sebelumnya dia juga mengalami cedera paha selama Australia Terbuka 2019 Februari lalu, tetapi petenis berusia 32 tahun itu tetap menahannya.

Nadal pun sebenarnya tampil gemilang selama Indian Wells Masters, dan mengaku telah siap menghadapi Federer untuk ke-38 kalinya. Tetapi, lututunya kemudian terasa sakit, dan memaksa untuk mengundurkan diri.

“Saya melakukan pemanasan, dan merasa kondisi lutut tak memungkinkan untuk bersaing. Saya hanya bisa berbuat yang terbaik, dan menerimanya. Masalah seperti ini bisa saja terjadi,” kata Nadal dikutip BBC.

Petenis peringkat kedua dunia itu pun tak bisa menyembunyikan kekecewaannya karena gagal bersaing melawan Federer. Nadal hanya bisa berharap kondisinya segera pulih dan bermain selama mungkin.

“Target saya adalah tetap bermain selama mungkin di level tertinggi. Terkadang saya merasa sedih, karena sepertinya kondisi ini tak menguntungkan di hadapan pesaing lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Federer mengaku tidak terlalu menyukai kemenangan melalui walk-out tersebut. Dia mengaku masih ingin bersaing dengan Nadal, dan berharap bisa kembali berjumpa.

“Tentunya saya senang berada di babak final, tetapi tidak seperti ini. Kami telah menjalani banyak persaingan sengit, dan saya sadar pertandingan tersebut bisa saja yang terakhir. Saya harap kami kembali bertemu,” tuturnya.

Pada babak final, Federer sudah ditunggu petenis Austria Dominic Thiem. Pemain peringkat tujuh dunia itu melaju setelah bersaing ketat dan menang atas Milos Raonic asal Kanada 7-6, 6-7 dan 6-4. Jika bisa mengalahkan Federer, Thiem berpeluang untuk menjadi petenis peringkat lima dunia.


Editor : Haryo Jati Waseso