SEA Games 2019 Resmi Ditutup, Filipina Serahkan Tongkat Penyelenggaraan ke Vietnam

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 11 Desember 2019 - 19:26:00 WIB
SEA Games 2019 Resmi Ditutup, Filipina Serahkan Tongkat Penyelenggaraan ke Vietnam
Upacara penutupan SEA Games 2019 digelar di New Clark City Athletics Stadium, Capas, Rabu (11/12/2019). (Foto: Twitter @The2019SEAGames)

NEW CLARK CITY, iNews.id - SEA Games 2019 resmi berakhir. Upacara penutupan telah digelar di New Clark City Athletics Stadium, Capas, Rabu (11/12/2019).

Dalam momen ini, Filipina menyerahkan tongkat penyelenggaraan kepada Vietnam yang terpilih sebagai tuan rumah SEA Games berikutnya. Pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu akan digelar kembali pada 2021 mendatang.

Dalam upacara penutupan, acara dimulai dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Filipina. Setelahnya ada parade atlet dari negara-negara peserta dan kali ini sajiannya terlihat berbeda sebab semua membaur menjadi satu rombongan.

Acara berlanjut ke pemberian penghagraan kepada atlet Singapura, Quah Zen Weng. Dia mendapat penghargaan atlet putra terbaik SEA Games 2019 setelah merebut enam medali emas dari cabang olahraga (cabor) renang.

Untuk atlet terbaik putri, penghargaan serupa diterima Nguyen Thi Anh Vien asal Vietnam. Dia berjaya dengan raihan enam medali emas di cabor renang.

Selain Quah Zen Weng dan Nguyen Thi Anh Vien, penghargaan khusus juga diserahkan untuk Roger Casugay. Atlet Filipina tersebut dianugerahi penghargaan fairplay karena melakukan aksi heroik menyelamatkan peselancar Indonesia.

Di SEA Games 2019 ini, Filipina keluar sebagai juara umum. Mereka mengoleksi 387 medali dengan rincian 149 emas, 117 perak, dan 121 perunggu.

Editor : Bagusthira Evan Pratama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda