Selain Latihan Rutin, Ter Stegen Punya Aktivitas Lain yang Membuatnya Berkeringat

Arif Budiwinarto ยท Minggu, 29 Maret 2020 - 17:25 WIB
Selain Latihan Rutin, Ter Stegen Punya Aktivitas Lain yang Membuatnya Berkeringat

Kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen. (Foto: AFP)

BARCELONA, iNews.id - Pemain Barcelona tengah menjalani isolasi mandiri di kediaman masing-masing. Selain latihan rutin, kiper Marc-Andre Ter Stegen punya aktivitas lain yang membuatnya berkeringat. Apa itu?

Barcelona meminta semua pemain dan staf pelatih berada di rumah selama masa penanganan wabah Virus Corona di Spanyol. Pemerintah Spanyol memberlakukan status darurat menyusul tingkat kematian mencapai lebih dari empat ribu orang.

Selama di rumah, para pemain diminta tetap menjaga kebugaran fisik dengan melakukan latihan ringan. Perkembangan mereka juga terus dipantau oleh staf medis tim menggunakan komunikasi video.

Selain berlatih, para pemain yang lebih sering berada di lapangan saat kompetisi berjalan kini bisa punya waktu lebih banyak di rumah. Untuk mengusir kebosanan, setiap pemain punya cara berbeda.

Seperti yang dilakukan Ter Stegen, selain berlatih dia juga rajin beberes rumah. Menurutnya, kegiatan tersebut membuatnya banyak bergerak dan menyenangkan.

"Saya menghabiskan banyak waktu di ruang tamu dan dapur. Tetapi, saya juga sering ke ruang gym juga. Ada banyak menu latihan yang saya ulangi tiap hari," ungkap Ter Stegen.

"Kadang, saya berlatih sebelum sarapan. Kemudian membersihkan rumah, yang juga seperti latihan. Kami melakukannya dengan senang hati," jelas kiper asal Belanda.

Skuad Barcelona terakhir kali berkumpul tiga pekan lalu setelah mengalahkan Real Sociedad 1-0. Selama masa isolasi, para pemain saling berkabar satu sama lain di grup percakapan online.

"Sangat mudah berkomunikasi. Kami terbagi dalam beberapa grup (percakapan), ini memudahkan. Komunikasi berjalan terus," ujarnya.

Operator Liga Spanyol dan Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) belum bisa menentukan kapan kompetisi bisa kembali berjalan. Mereka akan terlebih dulu mengevaluasi situasi terkini mengenai Virus Corona.

Editor : Arif Budiwinarto