MotoGP

Sempat Terjatuh Saat Raih Pole Position, Marquez: Cuacanya Membingungkan

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 19 Mei 2019 - 16:47 WIB
Sempat Terjatuh Saat Raih Pole Position, Marquez: Cuacanya Membingungkan

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez. (Foto: JEAN-FRANCOIS MONIER/AFP)

LE MANS, iNews.id - Pembalap tim MotoGP Repsol Honda Marc Marquez mengaku sempat kebingungan ketika meraih pole position untuk balapan Grand Prix (GP) Prancis di Sirkuit Bugatti Le Mans, Minggu (19/5/2019). Cuaca yang tak menentu pada babak kualifikasi bahkan membuatnya sempat tergelincir.

Ya, hujan memang sedikit menghantui Marquez. Karena hujan yang begitu minim, dia khawatir ban basah tidak bekerja optimal. Namun, ban kering sangat berisiko membuatnya terjatuh.

“Babak kualifikasi berjalan sangat seru. Kondisinya membuat kami bingung harus menggunakan ban kering atau basah yang terbaik untuk hujan ringan,” kata Marquez di laman resmi Honda.

Pembalap asal Spanyol itu akhirnya memutuskan untuk menggunakan ban kering. Hal itu akhirnya membuat Marguez tergelincir, ketika hujan semakin deras. Namun, dia sudah mencatatkan waktu yang cukup untuk memulai balapan di posisi terdepan.

“Kami sadar harus menekan sejak awal babak kualifikasi ketika lintasan tak terlalu basah. Permukaan air di sirkuit membuat kondisi begitu sulit. Saya senang meraih pole position, karena jika membuat kesalahan bisa dipastikan harus memulai balapan dari belakang,” ujarnya.

Pembalap berusia 26 tahun itu sadar cuaca serupa bisa saja kembali terjadi dan mempengaruhi balapan. Keadaan itu membuatnya bertekad lebih mempersiapkan diri supaya bisa bersaing di lintasan basah.

“Mungkin kami akan berlomba dalam kondisi ini (hujan). Saya harus memahami cara mengendarai, serta mengatur motor. Kami masih perlu membenahi beberapa hal dan mempersiapkan diri saat balapan,” tutur Marquez.


Editor : Haryo Jati Waseso