Sulit Bersaing di MotoGP, Valentino Rossi: Saya Harus Realistis

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 21 Januari 2020 - 23:00 WIB
Sulit Bersaing di MotoGP, Valentino Rossi: Saya Harus Realistis

Valentino Rossi. (Foto: GPone)

TAVULIA, iNews.id – Pembalap tim MotoGP Monster Energy Yamaha Valentino Rossi sadar kemampuannya sekarang tak sebagus dahulu. Apalagi kini dia sudah berusia 40 tahun.

Rossi masih akan terus aktif berlaga di pentas MotoGP, setidaknya untuk setahun ke depan. Dia belum menentukan apakah akan lanjut membalap ketika kontraknya habis pada akhir 2020.

Pembalap asal Italia itu tidak memungkiri bahwa seiring bertambahnya usia, maka kondisi fisiknya pun tak sebugar dahulu. Hal itu membuatnya gagal memenangkan balapan sejak 2017.

“Saya harus realistis. Saya sadar, 10 atau 15 tahun yang lalu masih bisa menjadi yang tercepat di lintasan dan sekarang tidak lagi,” kata Rossi kepada Speedweek.

Walau sudah lama tak juara, rider yang identik dengan nomor 46 itu masih optimistis bisa bangkit. Tetapi, dia memang masih harus terus berlatih agar bisa segera menang.

“Saya merasa jika bekerja dengan baik, bugar dan fokus, saya bisa menjadi salah satu yang terkuat,” ujarnya.

Dalam gelaran MotoGP 2019, Rossi sebenarnya mengawali musim dengan baik. Pada tiga seri balapan pertama, The Doctor mampu dua kali naik podium. Sayangnya, setelah itu performa dia tidak konsisten dan kesulitan untuk bersaing.

Terakhir kali Rossi memenangkan balapan adalah pada MotoGP Belanda 2017. Tak ayal kondisi itu membuat Rossi kini mulai memikirkan untuk pensiun.

Jika pada 2020 kembali gagal menampilkan performa memuaskan, Rossi bisa saja mengambil keputusan untuk mundur dari dunia balap ini.

Editor : Abdul Haris