Swiss Terbuka 2019

Taklukkan Pasangan Inggris, Rinov/Pitha Pastikan Tempat di Semifinal

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Jumat, 15 Maret 2019 - 21:06 WIB
Taklukkan Pasangan Inggris, Rinov/Pitha Pastikan Tempat di Semifinal

Ganda campuan Indonesia Rinov Rivaldy (kiri) dan Pitha Haningtyas Mentari (kanan). (Foto: PBSI)

BASEL, iNews.id - Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari sukses meraih tiket ke semifinal Swiss Terbuka 2019. Mereka mengalahkan wakil Inggris Marcus Ellis/Lauren Smith lewat rubber game 19-21, 21-14 dan 21-17 pada babak perempat final di St. Jakobshalle, Basel, Jumat (15/3/2019) malam WIB

Ellis/Smith tampak mampu mengendalikan jalannya game pertama. Pada awal pertandingan, mereka sudah memimpin 3-1. Rinov/Pitha sempat berusaha untuk menyeimbangkan kedudukan 9-9, tetapi mereka justru mati langkah dan Ellis/Smith kembali unggul 17-12.

Tak mau menyerah begitu saja, Rinov/Pitha kemudian menampilkan permainan yang agresif. Ellis/Smith kewalahan dan skor sempat kembali imbang 18-18. Namun, Rinov/Pitha tak mampu mempertahankan permainannya dan harus menyerah di game pembuka.

Baik Rinov/Pitha dan Ellis/Smith sama-sama tampil ngotot pada game kedua. Mereka saling jual beli serangan, dan skor sempat imbang 3-3. Tetapi, Rinov/Pitra kemudian membuat sejumlah kesalahan, sehingga Ellis/Smith mampu memimpin 8-4.

Bertekad bangkit, Rinov/Pitha berhasil mematikan langkah Ellis/Smith, dan menyamakan kedudukan menjadi 9-9. Rinov/Pitha kemudian mempertahankan permainannya dan berbalik memimpin 15-11, sebelum memenangkan game kedua.

Tak mau kehilangan momentum, Rinov/Pitha memulai game ketiga dengan baik dan memimpin 6-1. Tetapi, kemudian Ellis/Smith seakan sudah bisa menebak permainan salah satu ganda muda Indonesia itu, sehingga bisa menyamakan skor 8-8.

Menyadari lawan mulai mengancam, Rinov/Pitha pun mempercepat tempo permainannya. Hal itu membuat Ellis/Smith mati langkah, dan Rinov/Pitha pum kembali unggul 13-9.

Tertinggal, Ellis/Smith kembali bangkit dan membuat skor imbang 15-15. Namun, pasangan Inggris itu tak mampu mempertahankan konsistensinya dan dimanfaatkan Rinov/Pitha untuk memimpin 19-15, yang berlajut dengan kemenangan untuk mereka.

Dengan kemenangan ini, Rinov/Pitha tinggal menunggu calon lawannya di semifinal. Mereka bakal menghadapi pemenang dari laga pasangan Taiwan Lu Ching Yao/Lee Chia Hain melawan Mark Lamfuss/Isabel Hertrich dari Jerman.


Editor : Haryo Jati Waseso