MotoGP

Vinales Desak Yamaha Tingkatkan Tenaga Motor

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Jumat, 10 Januari 2020 - 19:09 WIB
Vinales Desak Yamaha Tingkatkan Tenaga Motor

Maverick Vinales. (Foto: Motonaked)

ANDORRA, iNews.id – Pembalap tim MotoGP Monster Energy Yamaha Maverick Vinales mendesak pabrikan asal Jepang itu untuk menambah kecepatan puncak motornya.

Pada 2019 lalu, kecepatan motor rival seperti Repsol Honda dan Ducati Corse memang cukup tinggi. Sementara Yamaha sedikit terpuruk dan akhirnya rider Honda Marc Marquez menjadi juara dunia.

Dari 19 balapan, Yamaha hanya bisa memenangkan dua balapan bersama Vinales. Kecepatan dalam menikung menjadi kunci utamanya dalam memenangkan balapan. Kini, dia merasa motornya bisa melaju lebih kencang di lintasan lurus.

“Kami harus mengejar defisit kecepatan. Tentunya kami tidak mau bekerja keras mengejar kecepatan puncak dan melupakan aspek lainnya.” Kata Vinales dikutip Crash.

Pembalap asal Spanyol itu menganggap faktor aerodinamika pada motor juga ikut memengaruhi penyaluran tenaga motor. Akibatnya, Vinales membutuhkan tenaga ekstra dalam mengerahkan tenaga.

“Sudah jelas pada bagian apa kami mengalami kesulitan. Kemungkinan besar kombinasi antara tenaga, aerodinamika dan akselerasi,” ujar rider berusia 34 tahun itu.

Dengan balapan pertama di Qatar bakal dimulai pada Maret mendatang, Vinales berharap timnya bisa memaksimalkan waktu sebaik mungkin untuk mempersiapkan motor. Tetapi, dia bakal bertemu dengan motor 2020 pada Februari mendatang di Sirkuit Sepang.

“Saya sudah tahu apa yang harus dibenahi pada motor untuk setidaknya bisa bersaing memperebutkan gelar. Kami sekarang sedang bekerja keras untuk melakukannya. Saya masih memiliki beberapa bulan untuk memperbaiki diri,” tuturnya.

Editor : Abdul Haris