Kembali Latih Timnas U-19, Indra Sjafri Siap Cari Bintang Baru

Abdul Haris ยท Kamis, 26 April 2018 - 15:06 WIB
Kembali Latih Timnas U-19, Indra Sjafri Siap Cari Bintang Baru

Pelatih Indra Sjafri siap kembali menukangi tim nasional Indonesia U-19. (Grafis: iNews)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id – Pelatih Indra Sjafri akhirnya kembali ditunjuk menukangi tim nasional Indonesia U-19. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menunjuknya untuk membawa tim Garuda Muda kembali juara Piala AFF U-18 dan tembus 4 besar Piala Asia U-19.

Target yang tak ringan pastinya. Apalagi kedua kejuaraan itu digelar di tanah air. Piala AFF U-18 akan digulirkan 2-14 Juli 2018. Sementara Piala Asia U-19 dimulai 18 Oktober sampai 4 November mendatang.

Waktu yang mepet dan beban harus menang di depan publik sendiri berpotensi jadi ujian buat pasukan Indra Sjafri. Meski begitu, nakhoda asal Sumatera Barat itu mengaku siap.

“Kalau di sepak bola target itu harus ada karena itu ukuran prestasi. Oleh karena itu saya sudah harus mulai bekerja keras dan mengurangi jam tidur,” ujar Indra, dikutip Antara, Kamis (26/4/2018).

Banyak pihak memprediksi pelatih 55 tahun itu tak akan banyak mengubah komposisi skuat yang ada. Namun, Indra tak menutup kemungkinan adanya perubahan pemain.

“Saya belum mau berandai-andai. Saya yakin akan ada pemain-pemain baru yang muncul dari kompetisi,” tuturnya.

PSSI mengumumkan nama Indra untuk mengisi kekosongan kepelatihan di timnas U-19. Sebelumnya, PSSI sempat memberi tugas itu kepada Asisten Pelatih timnas U-23 Bima Sakti. Namun, Bima akhirnya kembali difokuskan untuk timnas U-23 jelang Asian Games 2018.

Indra bukan orang baru di timnas U-19. Dia bisa dibilang pelatih paling sukses dalam sejarah timnas U-19. Dia mampu membawa timnas U-19 juara Piala AFF U-19 2013 di Sidoarjo.

Sebelumnya pada tahun yang sama dia pernah membawa tim Garuda Muda berjaya di HKFA Internasional Youth Football Invitation Tournament di Hong Kong.

Di era itu muncul bintang-bintang muda tanah air sekelas Evan Dimas, Putu Gede, Hansamu Yama, Ilham Udin, Maldini Pali, Hargianto, dan Zulfiandi.

Pada 2014, Indra sempat meninggalkan timnas U-19 untuk melatih Bali United sebelum kembali ditunjuk menukangi timnas U-19 pada 2017. Pada periode ini muncul bintang baru yang sangat fenomenal yakni Egi Maulana Vikri. Namun, di akhir tahun 2018 PSSI tak memperpanjang kontraknya.

Kali ini, PSSI mengikat Indra dengan kontrak sampai Piala Asia U-19 2018 berakhir. Setelah ditunjuk kembali, dia langsung akan menggelar pemusatan latihan (TC) dan uji coba pada Mei, Juni dan Juli 2018. Pada bulan Juni, PSSI menjadwalkan Timnas U-19 mengikuti dua laga uji coba.

 

 

 

 


Editor : Abdul Haris