97 Hari Menuju Asian Games, Ini Fakta Menariknya dalam Angka

Fitradian Dhimas Kurniawan · Minggu, 13 Mei 2018 - 13:00 WIB

Asian Games 2018 akan dibuka pada 18 Agustus mendatang. (Foto-Foto: Facebook Asian Games 2018)

JAKARTA, iNews.id – Asian Games XVIII/2018 akan resmi dibuka dalam 97 hari ke depan di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus mendatang. Ada sejumlah fakta menarik seputar ajang olahraga antarnegara se-Asia yang digelar setiap empat tahun sekali itu. Berikut fakta-fakta menariknya dalam angka.

2 – Penyelengaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang merupakan yang kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah ajang ini sejak terakhir pada 1962. Sesungguhnya yang ditunjuk sebagai tuan rumah edisi 2018 adalah Hanoi, Vietnam, usai menyingkirkan Surabaya pada bidding 2012 lalu. Tetapi, di 2014 Vietnam memutuskan mundur karena alasan ekonomi.

Sebagai ganti, Indonesia ditunjuk sebagai penggantinya setelah dinilai mampu menyediakan infrastruktur yang memadai untuk menggelar Asian Games. Namun, Surabaya memutuskan untuk tidak menjamu peserta Asian Games karena tengah fokus pada Asian Youth Games 2021, sehingga peran tuan rumah diserahkan kepada Jakarta dan Palembang sebagai pendukung.

 

Ini 3 maskot Asian Games 2018.



3 – Pada Asian Games 2018 kali ini, terdapat tiga maskot yang menggambarkan satwa yang khas dengan Indonesia. Maskot pertama adalah Bhin Bhin yang menggambarkan Cendrawasih, mengenakan rompi dengan motif tradisional Asmat dari Papua dan melambangkan strategi.

Lalu, ada Atung yang identik dengan Rusa Bawean sembari memakai sarung batik parang, serta melambangkan kecepatan. Kemudian terakhir merupakan badak bercula satu bernama Kaka yang menggunakan motif bunga dari Songket Palembang.

18 – Asian Games kali ini merupakan yang ke-18 sepanjang sejarahnya. Pagelaran Asian Games pertama diadakan di New Delhi, India, pada 1951 silam. Indonesia adalah negara keempat yang pernah menjadi tuan rumah Asian Games 1962.

Untuk Asian Games 2022, Hangzhou, China, sudah ditunjuk untuk melanjutkan tugas Indonesia dalam mempersiapkan Asian Games ke-19. Sedangkan Nagoya, Jepang akan menjadi tuan rumah edisi ke-20.

40 – Tercatat ada 40 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada Asian Games tahun ini. Angka tersebut jauh lebih banyak dari cabor Asian Games pertama, yang hanya mempertandingkan enam cabor saja.

45 – Sebanyak 45 negara Anggota Dewan Olimpiade Asia akan ikut serta pada Asian Games XVIII. Diperkirakan lebih dari 9.000 atlet mancanegara dari seantero Asia akan tiba di Indonesia. Padahal, hanya 489 atlet dari 11 negara saja yang memeriahkan edisi perdana ajang ini.


Editor : Abdul Haris

KOMENTAR