Juventus

Gianluigi Buffon Segera Umumkan Pensiun Pekan Ini

Reynaldi Hermawan · Kamis, 17 Mei 2018 - 09:37 WIB

Kiper Juventus Gianluigi Buffon (tengah). (Foto: TIZIANA FABI/AFP)

TURIN, iNews.id – Kiper Juventus Gianluigi Buffon akan segera mengumumkan keputusannya pensiun dari dunia sepak bola. BBC mewartakan pengumuman tersebut akan disampaikan pada konferensi pers di Allianz Stadium, Kamis (17/5/2018) waktu setempat.

Itu artinya, penjaga gawang berusia 40 tahun itu akan melakoni laga pamungkasnya bersama Si Nyonya Tua saat menjamu Hellas Verona di Serie A, Sabtu (19/5/2018) malam. Laga itu merupakan pertandingan ke-640 untuknya di kompetisi antarklub kasta tertinggi Italia. Berita pengumuman pensiun tersebut diamini Agen Buffon Silvano Martina.

“Tidak akan ada Gigi (sapaan akrab Buffon) setelah ini. Saya tidak bisa mengatakan apa-apa lagi, karena dia akan segera mengumumkannya sendiri pada jumpa pers,” kata Martina.

Buffon menutup perjalanan kariernya di Juve dengan cara yang spesial. Musim ini, dia baru saja mengawinkan trofi Serie A dan Coppa Italia untuk Si Nyonya Tua. Itu merupakan scudetto ketujuh Juve secara beruntun dan gelar ganda pada 4 musim berturut-turut.

Tapi penutup manis bersama klub tak sejalan dengan di tim nasional Italia. Dia gagal membela Gli Azzurri di Piala Dunia Rusia, Juni mendatang. Buffon dkk tidak lolos untuk pertama kali sejak 1958 lantaran kalah dengan agregat 0-1 dari Swedia pada playoff, November lalu.

Namun kegagalan tersebut tak mencoreng pesona Buffon sebagai kiper tangguh. Berkat kepiawaiannya menjaga gawang, dia total meraih sembilan scudetto, lima Coppa Italia, dan satu Piala UEFA (kini bernama Liga Europa) untuk Juve. Sedangkan bersama Italia, Buffon mempersembahkan satu trofi Piala Dunia pada 2006 silam.


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR