Stadion NSC Olimpiyskiy Siap Selenggarakan Final Liga Champions

Haryo Jati Waseso · Kamis, 17 Mei 2018 - 11:09 WIB

Stadion National Sports Complex (NSC) Olimpiyskiy. (Foto: Sergei SUPINSKY/AFP)

KIEV, iNews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Ukraina Igor Zhdanov mengungkapkan saat ini Stadion National Sports Complex (NSC) Olimpiyskiy sudah siap menyelenggarakan final Liga Champions. Partai puncak akan mempertemukan juara bertahan Real Madrid kontra Liverpool, Minggu (27/5/2018) dini hari WIB.

Stadion berkapasitas 70.050 penonton itu telah melakukan persiapan selama empat bulan. Venue yang berlokasi di Kota Kiev tersebut sudah mengalami beberapa peningkatan antara lain modernisasi atap, kualitas jaringan internet, sistem tanggap darurat. Selain itu, disiapkan 500 kamera CCTV untuk memantau situasi keamanan selama laga berlangsung.

“Saya harap kami bisa menyelenggarakan pertandingan final Liga Champions dengan sangat layak,” kata Zhdanov dikutip Xinhua.

Pemerintah Ukraina menghabiskan 3,9 juta dolar AS atau sekitar Rp54,85 miliar untuk mempercantik stadion yang juga digunakan sebagai venue laga final Piala Eropa 2012. Kala itu Olimpiyskiy menjadi saksi bisu pertempuran Italia dan Spanyol di partai final.

Stadion tersebut dibangun pada 1923 dan telah direnovasi lima kali. Terakhir renovasi yang dilakukan yakni pada Piala Eropa 2012. Kandang klub kuat Ukraina Dynamo Kiev itu tidak hanya berfungsi sebagai lapangan sepak bola melainkan juga untuk konser serta untuk perlombaan atletik.


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR