Soal Sanksi UEFA, Buffon Mengaku Pantas Dihukum

Syukron Fadillah ยท Kamis, 17 Mei 2018 - 20:43 WIB
Soal Sanksi UEFA, Buffon Mengaku Pantas Dihukum

Gianluigi Buffon resmi menyatakan mundur sebagai pemain Juventus akhir musim ini. (Foto: Dok. Juventus)

TURIN, iNews.id - Gianluigi Buffon mengaku layak mendapat hukuman dari federasi sepak bola tertinggi Eropa (UEFA) setelah melakukan protes berlebihan kepada wasit Michael Oliver. Buffon mengakui kesalahannya lantaran tidak puas atas keputusan Oliver yang memberi hadiah penalti di 20 detik jelang laga bubar.

Penyesalan tersebut disampaikan Buffon bersamaan dengan pengumuman pengunduran dirinya sebagai penjaga gawang Bianconeri. Meski dipastikan tidak akan bermain untuk Juventus musim depan, namun Buffon belum menentukan apakah dirinya akan pensiun atau masih akan mengembara bersama klub di luar Italia.

"Saya akui telah melewati batas (protes terhadap Oliver). Karena itu saya menilai keputusan UEFA tepat. Namun, dari pada bertanya kepada saya tentang kartu merah yang saya atau bahkan anda juga tidak mengerti, lebih baik memperhatikan kepemimpinan wasit saat itu," ujar Buffon dalam konferensi pers pengunduran diri dari Juventus dikutip dari Football Italia.

Selain menyesal dan mengakui kesalahan, Buffon pun meminta maaf kepada Oliver dan kepada semua publik sepak bola karena sikap berlebihannya. Akan tetapi, dia mengaku sikap yang keluar saat insiden terjadi merupakan hal normal dan natural. Menurutnya, pemain manapun akan kehilangan kontrol dalam kondisi seperti itu.

"Saya sangat menyesal soal insiden tersebut. Tetapi perilaku yang keluar sangat wajar, mengingat selama 23 tahun berkarier di Liga Champions saya belum pernah diskors apalagi dikartu merah," katanya.

Menurutnya, setelah beberapa hari menyimak insiden yang terjadi melalui siaran ulang, mantan kiper Parma itu baru sadar sesungguhnya tidak mengatakan kata-kata tersebut kepada Oliver. Buffon pun mengapresiasi tugas Oliver atau wasit manapun yang sesungguhnya sangat berat.

"Saya meminta maaf karena telah menyinggung wasit. Andai kami bertemu di dua hari kemudian, saya akan memeluk Oliver sambil mengucapkan permohonan maaf. Selanjutnya saya akna mengatakan, anda (Oliver) harusnya bisa lebih tenang dalam mengeluarkan keputusan di laga yang penting bagi kami (Juventus) dan juga saya," ujarnya.

Setelah menyatakan mundur dari skuat Massimiliano Allegri akhir musim ini, maka dpat dipastikan larangan bermain untuk Buffon akan otomatis gugur. Kecuali Buffon akan bermain dengan klub lain yang menjadi peserta Liga Champions musim 2018/2019. Sejauh ini hukuman UEFA untuk Buffon belum diputuskan dan masih dalam penyelidikan.


Editor : Achmad Syukron Fadillah