Liga Champions

Liverpool Siapkan Parade Kemenangan Liga Champions

Syukron Fadillah · Kamis, 17 Mei 2018 - 22:14 WIB

Liverpool telah menyiapkan parade kemenangan jika berhasil mengalahkan Real Madrid dalam laga final Liga Champions di NSK Olimpiyskiy, Kiev. (Foto: Twitter @LFC)

LIVERPOOL, iNews.id - Liverpool telah menyiapkan parade kemenangan jika berhasil mengalahkan Real Madrid dalam laga final Liga Champions di NSK Olimpiyskiy, Kiev, Minggu dini hari WIB (27/5/2018). Namun, persiapan tersebut bukan karena Liverpool penuh percaya diri dapat memenangkan trofi Si Kuping Besar.

Pasalnya, di pekan yang sama akan berlangsung tiga festival besar sekaligus. Seperti Festival Tiga Kapal Regatta, Festifal Wine Bordeaux Wine Festival, dan parade kemenangan Liverpool jika sukses mengalahkan Madrid. Untuk itu, proposal perizinan hingga kebutuhan logistik telah disiapkan dari sekarang.

Kemenangan di Kiev akan membawa Mohamed Salah dan kawan-kawan dijadwalkan kembali ke Liverpool pada Minggu (waktu setempat) lengkap dengan trofi Liga Champions. Rencananya, rute parade akan melintasi sepanjang sungai Mersey atau akrab disapa Merseyside hingga ke Liverpool Olympia, yakni sebuah tempat pertunjukkan yang menjadi ikon lain Kota Liverpool.

"Terlepas dari apakah Anda merah (mewakili warna Liverpool), biru (mewakili warha Everton) atau bukan penggemar sepak bola sama sekali, acara seperti ini (parade kemenangan) memiliki dampak positif dan akan menjadi sorotan internasional," kata Walikota Liverpool Joe Anderson.

Anderson juga mengaku bangga terhadap pencapaian Liverpool musim ini. Meski untuk kesekian kalinya gagal menjuarai Premier League, setidaknya mencapai partai puncak Liga Champions menjadi kebahagiaan lain bagi warga kota. "Kami semua sangat bangga dengan pencapaian Liverpool dan Anda sudah dapat merasakan desas-desus (parade perayaan) di sekitar kota menjelang final," ungkapnya.

Dia mengatakan, The Reds menginginkan pawai diselenggerakan di akhir pekan. Namun, kata dia, Kota Liverpool telah memiliki jadwal padat di waktu yang sama. "Klub meminta pelaksanaan parade di Minggu. Meskipun padat, kami tetap pastikan menyambut mereka (Liverpool) bak seorang pahlawan yang layak mereka dapatkan. Jika mereka menang," ucapnya.

Anderson menambahkan, jika parade dipaksakan digelar di akhir pekan, maka akan ada sejumlah pendukung Liverpool yang kecewa karena tidak dapat langsung kembali dari Kiev usai laga.

"Saya mengerti akan ada kekecewaan bagi para penggemar yang tidak dapat kembali dari Kiev segera. Namun, situasinya sama seperti pada 2005. Saat itu kami dibantu pihak klub soal waktu penyelenggaraan," ucapnya. "Kami akan menyiapkan pendukung baik yang berangkat ke langsung atau yang berada di dalam kota. Kami berharap fans Liverpool yang berada di stadion maupun di dalam negeri dapat membuat bangga," ungkapnya.


Editor : Achmad Syukron Fadillah

KOMENTAR