Liga 1

Hasil Liga 1: Gol Hargianto Bawa Bhayangkara FC Hantam Mitra Kukar

Reynaldi Hermawan · Kamis, 17 Mei 2018 - 23:02 WIB

Satu gol Muhammad Hargianto berhasil membawa Bhayangkara FC (BFC) menang 1-0 atas Mitra Kukar pada pekan kesembilan Liga 1 di Stadion PTIK, Kamis (17/5/2018) malam. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

JAKARTA, iNews.id Satu gol Muhammad Hargianto berhasil membawa Bhayangkara FC (BFC) menang 1-0 atas Mitra Kukar pada pekan kesembilan Liga 1 di Stadion PTIK, Kamis (17/5/2018) malam. Berkat hasil positif itu, BFC kini memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam lima laga kandang yang sudah dilakoni (2 menang 3 imbang).

Tampil di depan pendukung sendiri membuat BFC percaya diri membangun serangan. Bahkan skuat arahan Simon McMenemy itu sempat mencetak gol pada menit ke-8 lewat aksi Vendry Mofu. Sayang torehan tersebut dianulir akibat Vendry sebelumnya sudah berada pada posisi offside.

Tak putus asa, tuan rumah tetap tekun membombardir pertahanan Mitra Kukar. Pada menit ke-23 giliran Jajang Mulyana yang menebar ancaman. Belum beruntung sepakan terukur kaki kirinya masih bisa diantisipasi kiper Naga Mekes Geri Mandagi.

Usaha sang jawara bertahan akhirnya membuahkan hasil empat menit jelang waktu normal paruh pertama usai. Berawal dari situasi tendangan bebas, Hargianto melepaskan tendangan keras yang memaksa Geri memungut bola dari gawangnya. Keunggulan satu gol bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, tempo permainan kedua tim melambat. Bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah tanpa bisa menyentuh daerah pertahanan. Alhasil tak ada gol yang terjadi pada paruh kedua. Tambahan tiga poin membuat BFC kini menduduki posisi kedelapan klasemen dengan mengemas 12 poin.

Sementara di partai lain, PSIS Semarang kalah 0-2 dri PS Tira di Stadion Moch Soebroto. Hasil negatif tersebut menandakan musim ini mereka sudah kalah dua kali di kandang, sebelumnya mereka dibantai Persija Jakarta dengan skor 1-4, pada 20 April.

Klub berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu sebenarnya langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal pertandingan. Mereka memiliki peluang emas kala pertandingan baru bergulir lima menit. Mendapat ruang, Bruno Silva melepaskan tendangan keras kaki kanan. Sayang usahanya masih bisa digagalkan kiper PS Tira Syahrul Fadil.

Tim besutan Vincenzo Alberto Annese kembali menebar ancaman pada menit ke-20. Umpan dari Silva berhasil diteruskan Bayu Nugroho dengan tandukannya. Sayang bola hasil sundulannya masih jatuh tepat dipelukan Syahrul. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, keadaan menjadi terbalik. PS Tira justru banyak melakukan tekanan. Bahkan mereka bisa mencetak gol pada menit ke-65. Lolos dari jebakan offside Aleksander Rakic melepaskan sepakan kaki kiri dan sukses mengoyak gawang PSIS yang dijaga Jandia Eka Putra.

Gol tersebut memantik semangat tim besutan Rudy Eka Priyambada itu. Terbukti gol kedua tercipta di menit ke-76 kembali dicetak Rakic. Itu merupakan gol terakhir pada laga tersebut. PS Tira kini nyaman di tangga keenam dengan nilai 13. Angka yang mereka kumpulkan sama dengan Sriwijaya FC di posisi kelima namun kalah selisih gol.

Sedangkan Barito Putera berhasil menang tipis 1-0 atas Perseru Serui di Stadion Gajayana, Malang. Satu gol tersebut dibukukan Rizky Pora pada menit ke-31 usai mendapat umpan terukur dari Samsul Arif.

Kemenangan tersebut membuat tim berjuluk Laskar Antasari itu bercokol di peringkat kedua klasemen dengan nilai 16. Poin yang mereka kumpulkan sama dengan Madura United di puncak klasemen namun kalah selisih gol.


Editor : Achmad Syukron Fadillah

KOMENTAR