Italia Terbuka 2018

Melaju ke Perempat Final, Nadal Buka Peluang Jadi Petenis Nomor 1

Fitradian Dhimas Kurniawan · Jumat, 18 Mei 2018 - 09:40 WIB
Melaju ke Perempat Final, Nadal Buka Peluang Jadi Petenis Nomor 1

Petenis asal Spanyol Rafael Nadal menang straight set 6-4 dan 6-1 atas Denis Shapovalov pada putaran ketiga Italia Terbuka 2018 di Foro Italico, Kamis (17/5/2018) malam. (Foto: AFP)

ROMA, iNews.id – Petenis asal Spanyol Rafael Nadal melaju ke perempat final Italia Terbuka 2018 setelah mengalahkan Denis Shapovalov lewat straight set 6-4 dan 6-1 di Foro Italico, Kamis (17/5/2018) malam. Kemenangan ini membuat petenis kidal itu mendapat kesempatan untuk merebut kembali posisi nomor satu dunia jika dia berhasil memenangkan turnamen tersebut.

Nadal harus kehilangan posisi puncak usai kalah 5-7 dan 3-6 dari Dominic Thiem pada perempat final Madrid Terbuka, Jumat (11/5/2018). Akibatnya, kini Nadal berada di posisi kedua di belakang Roger Federer.

Maka dari itu, Nadal pun tampak bersemangat saat mengalahkan Shapovalov. Meski menang mudah, Nadal mengaku Shapovalov memberikan perlawanan yang sengit.

“Pertandingan yang sangat seru. Saya membuat kesalahan saat Shapovalov mengembalikan bola. Untungnya tidak kehilangan banyak angka berkat servis saya,” kata Nadal di laman resmi ATP.

Nadal mengakui Shapovalov membuatnya sedikit kerepotan di awal pertandingan. Akan tetapi Shapovalov tampaknya kehabisan energi dan membiarkan Nadal melenggang ke perempat final.

“Pada awal pertandingan, saya rasa servis Shapovalov cukup berbahaya. Tetapi kemudian situasinya berubah. Mungkin dia berhenti bermain agresif dan sedikit bersantai,” ujar petenis berusia 31 tahun itu.

Shapovalov juga mengakui keperkasaan Nadal di atas lapangan tanah liat. Meski kalah, Shapovalov sudah puas dapat membuat Nadal bekerja keras di set pertama.

“Saya rasa Rafa bermain hebat kali ini. Dia bermain dengan baik di atas lapangan tanah liat. Rasanya saya bermain cukup bagus, terutama di set pertama,” kata Shapovalov.

Sedangkan untuk Nadal yang belum memenangkan Italia Terbuka sejak 2013, selanjutnya dia bakal menghadapi wakil Italia Fabio Fognini, Jumat (18/5/2018) malam. Petenis tuan rumah itu melaju ke perempat final usai mengalahkan Peter Gojowczyk dengan 6-4 dan 6-4.

“Saya akan menghadapi petenis hebat bertalenta. Saya sadar harus bermain dengan baik untuk terus bertahan di turnamen ini. Semoga saya siap untuk mewujudkannya dan bersaing di level tertinggi,” tutur Nadal.

Pertemuan antara Nadal dan Fognini di perempat final akan menjadi yang ke-14 sepanjang karier tenis profesional keduanya. Dari 13 pertemuan itu, Nadal berhasil menang 10 kali dan sisanya direbut Fognini.


Editor : Abdul Haris