Jadi Tuan Rumah AFC Futsal Club Championship, PSSI Merasa Terhormat

Reynaldi Hermawan · Jumat, 18 Mei 2018 - 14:22 WIB
Jadi Tuan Rumah AFC Futsal Club Championship, PSSI Merasa Terhormat

Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono. (Foto: iNews.id/Reynaldi)

JAKARTA, iNews.id – Untuk kali pertama Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah AFC Futsal Club Championship. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengaku sangat bangga bisa memfasilitasi turnamen futsal berskala Asia tersebut.

Turnamen tersebut sejauh ini sudah delapan kali diadakan sejak 2010. Sebelumnya yang pernah menjabat sebagai tuan rumah yakni Iran pada 2010 dan 2015, Katar (2011), Kuwait (2012), Jepang (2013), China (2014), Thailand (2016), dan tahun lalu di Vietnam.

Di Indonesia, kejuaraan tersebut bakal diselenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 1 hingga 12 Agustus mendatang. Akan ada dua venue yang dipakai yakni Gelanggang Olahraga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta dan Amongrogo.

Diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, badan sepak bola tertinggi di Indonesia tersebut mengaku sudah siap menyelenggarakan AFC Futsal Club Championship. PSSI berambisi memfasilitasi turnamen tersebut sebaik mungkin hingga tuntas.

"Terhormat untuk Indonesia. Ini kejuaraan prestisius. Indonesia harus memanfaatkan event itu. Support dan kepercayaan dari Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC) kami harapkan jadi modal untuk menumbuhkan semangat pembinaan futsal di Tanah Air sehingga perkembangan olahraga ini (futsal) bisa tumbuh lebih cepat dari sebelumnya," ujar Joko Driyono.

Pada turnamen tersebut, Indonesia bakal diwakili klub Vamos Mataram yang berhak berlaga usai juara Liga Futsal Profesional musim ini. Nantinya klub asal Nusa Tenggara Barat itu bakal berada di Grup A bersama Victoria University College (Myanmar), Dalian Yuan Dinasti (China) Nagoya Oceans (Jepang).

PSSI berharap Vamos bisa mengharumkan nama Indonesia di ajang tersebut sekaligus memperbaiki prestasi. Sebab musim lalu di fase grup mereka hanya berhasil meraih satu kemenangan atas tim Tajikistan yakni Disi Invest dan dua kali kalah dari Al Rayyan (Qatar) dan Nafit Al Wasat (Irak). Akibatnya mereka tersingkir prematur di fase grup dan gagal berlaga di perempat final.

"Kami berharap Vamos bisa lolos ke fase selanjutnya. Saya ingin mereka bisa memenuhi target tersebut," ucapnya.


Editor : Achmad Syukron Fadillah