Liga Inggris

Tanda Tangani Kontrak Baru, Guardiola di Manchester City hingga 2021

Syukron Fadillah ยท Jumat, 18 Mei 2018 - 17:41 WIB
Tanda Tangani Kontrak Baru, Guardiola di Manchester City hingga 2021

Josep Guardiola didampingi Ferran Soriano (kiri) and Txiki Begiristain (kanan) menandatangani perpanjangan kontrak dua tahun di Etihad Stadium. (Foto: Daily Mail)

MANCHESTER, iNews.id - Josep Guardiola akan tetap berada di Inggris bersama Manchester City hingga 2021 mendatang. Pelatih berpaspor Spanyol itu mengaku senang atas kepercayaan City yang memberinya perpanjangan kontrak selama dua musim.

Usai menjuarai Premier League musim ini, sedianya kontrak Pep di Etihad Stadium tersisa 12 bulan. Namun, dia berkomitmen untuk memperpanjang masa kerjanya untuk Manchester Biru. Tambahan dua tahun masa kerja, membuat City menjadi klub terlama yang pernah ditangani eks punggawa Barcelona dan Brescia itu.

Pep menukangi Barcelona hanya empat musim sejak 2008-2012 dan lebih sedikit satu tahun saat memimpin Bayern Munchen, yakni 2013-2016. Sedangkan Pep kini berpotensi akan berada di Kota Manchester selama lima tahun.

Kabar perpanjangan kontrak tersebut menjadi motivasi besar bagi City yang pada musim 2017/2018 mampu mengakhir kompetisi dengan fantastis. Selain memenangkan Premier League dan Piala Liga, City juga sukses mencetak rekor perolehan poin terbanyak (100 poin), mencetak gol terbanyak (106 gol).

"Saya sangat senang dan penuh semangat dapat bekerja di sini (Manchester City). Saya senang bekerja dengan seluruh pemain yang ada untuk terus melakukan yang terbaik bersama-sama menghadapi musim mendatang. Sebagai seorang pelatih, Anda harus merasa senang berada bersama para pemain dan saya merasakan itu," kata Guardiola kepada situs resmi klub.

Pep menegaskan, akan fokus memacu kemampuan para pemain baik teknik personal maupun kolektivitas tim. Harapannya, kata dia, usaha yang dilakukan dapat meningkatkan performa pemain di atas lapangan. "Kami memiliki skuat muda dengan usia rata-rata 23 tahun dan kami ingin terus melangkah ke depan demi mempertahankan level yang telah kami capai musim ini," ungkapnya.

Sebagai imbalan atas pencapaian yang diraih klub musim ini, Pep menerima kenaikan gaji dari sebelumnya 15 juta menjadi 20 juta poundsterling per musim. Manajemen menyambut gembira keputusan Pep yang bersedia memperpanjang kontrak di Etihad Stadium. Sempat muncul kekhawatiran mantan pelatih Blaugrana itu enggan memperpanjang kontrak. Pasalnya, Pep belum pernah menukangi sebuah tim lebih dari empat tahun.

Pihak klub berharap, perpanjangan kontrak Guardiola akan membantu City untuk memuluskan transfer Jorginho dari Napoli dan Riyad Mahrez dari Leicester City. Nama besar dan kemampuan Pep sebagai pelatih semoga menjadi pertimbangan Jorginho dan Mahrez memilih City musim depan.


Editor : Achmad Syukron Fadillah