Tersingkir dari Timnas Inggris, Joe Hart: Sulit Diterima

Haryo Jati Waseso · Jumat, 18 Mei 2018 - 17:42 WIB

Kiper West Ham United Joe Hart. (Foto: Fox Sport)

LONDON, iNews.id - Kiper West Ham United Joe Hart mengaku kecewa setelah gagal menjadi bagian dari 23 pemain tim nasional Inggris di Piala Dunia 2018. Kiper berusia 31 tahun tersebut mengaku keputusan itu sulit untuk diterimanya.

Hart merupakan kiper utama timnas Inggris di babak kualifikasi. Namun, inkonsistensinya bersama West Ham, membuat Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate tak menyertakannya ke tim yang akan berlaga di Rusia.

Southgate lebih memilih Jack Butland, Jordan Pickford dan Nick Pope sebagai tiga kiper di Piala Dunia 2018. Hart bahkan tak masuk ke dalam daftar tunggu, karena pelatih berusia 47 tahun itu hanya menyertakan kiper Burnley Tom Heaton.

“Tak dapat dipungkiri, saya merasa patah hati. Setelah dua tahun berjuang pada situasi sulit, hal ini begitu berat untuk dirasakan,” ujar Hart di akun resmi Instagram miliknya seperti dilansir Sky Sports.

Kekecewaan Hart beralasan karena pada 9 pertandingan awal kualifikasi, kiper yang masih menjadi milik Manchester City itu selalu bermain penuh. Baru pada pertandingan terakhir kualifikasi melawan Lithuania, Oktober 2017, Southgate memainkan Butland.

“Saya bangga bisa berkontribusi dan bermain setiap menit untuk memastikan kelolosan tim serta memiliki peranan penting terhadap kesuksesan tersebut. Saya tahu apa yang telah diberikan kepada tim, namun yang terjadi sebaliknya,” tutur Hart.

“Untuk tim semoga berhasil, para pemain tahu itu meski saya tak berada di sana. Kali ini, saya akan mengenakan seragam Inggris sebagai fans dan terus memberikan dukungan. Tak ada rasa takut, pergilah dan hancurkan,” ujarnya.

Hart mengawali debutnya dengan timnas Inggris pada 1 Juni 2008, ketika menghadapi Trinidad dan Tobago pada sebuah laga uji coba. Hart pun dipanggil timnas Inggris di Piala Dunia 2010, namun dia tak dimainkan ketika itu.

Setelah turnamen, kiper yang mengawali karirnya bersama Shrewsbury Town itu menjadi pilihan utama. Dia mengawal gawang Inggris di Piala Eropa 2012 dan 2016, serta di Piala Dunia 2014. Secara keseluruhan Hart sudah 75 kali membela The Three Lions.


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR