Ojek Online Kembali Demo Minta Pemerintah Terapkan Tarif Manusiawi

iNews Siang ยท Selasa, 27 Maret 2018 - 17:44 WIB
Ojek Online Kembali Demo Minta Pemerintah Terapkan Tarif Manusiawi

JAKARTA, iNews.id - Ratusan pengemudi ojek online memadati kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Selasa (27/3/2018) pagi. Rencananya, driver ojek online ini menggelar aksi demo menuntut kesejahteraan hidup karena tarif yang sekarang dinilai kurang manusiawi.

Para demonstran itu telah memadati Monas, sekitar pukul 09.30 WIB. Mereka tampak bergerombol di sekitar Patung Kuda, Balai Kota DKI Jakarta, depan Istana Negara, dan sekitar Stasiun Gambir. Para ojek online itu melakukan imbauan kepada driver ojek online lain yang masih di jalan dan menarik penumpang untuk bergabung dalam aksi demo siang ini.

Petugas kepolisian dari Polda Metro Jaya sudah terlihat bersiaga di kawasan Monas. Rencananya driver ojek online akan berkumpul di depan Patung Kuda kemudian melakukan aksi demo di pintu Monas depan Istana Negara.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pihak kepolisian telah menerima surat pemberitahuan aksi unjuk rasa dari elemen pengemudi online di depan Istana Negara. Menurut Argo, dalam surat pemberitahuannya aksi berlangsung dari pukul 10.00 hingga 18.00 WIB.

Pengemudi ojek online mengangkat isu Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek serta penerapan sistem tarif angkutan online.

Argo mengatakan, berkaitan dengan aksi unjuk rasa, polisi telah menyiapkan pasukan pengamanan yang jumlahnya tidak kalah banyak dengan massa.


Video Editor: Khoirul Anfal


Editor : Dani Dahwilani