Profil Tim Piala Dunia 2018: Panama

Haryo Jati Waseso · Rabu, 13 Juni 2018 - 14:38 WIB

Timnas Panama. (Foto: Zimbio)

PANAMA CITY, iNews.id - Panama menjadi tim debutan Piala Dunia 2018. Mereka lolos setelah menduduki posisi ketiga putaran akhir babak kualifikasi zona Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF) dengan torehan 13 poin.

Kesuksesan Panama ini merupakan sebuah kejutan, karena sebelumnya mereka lebih sering menjadi sarang gol bagi lawan-lawannya. Kehadiran Hernan Dario Gomez sebagai pelatih, menjadi faktor terkuat.

Meski diisi oleh pemain yang kebanyakan berusia di atas 30 tahun, pelatih asal Kolombia itu berhasil mengubah mentalitas tim berjulukan Los Canaleros itu. Walau secara kebugaran kian terkikis, pengalaman para pemain Panama menjadi kunci kemenangan.

Namun, mereka memiliki masalah pada ketajaman setelah hanya 9 kali menjebol gawang lawan di klasemen akhir putaran kelima. Ketergantungan Gomez pada pemain yang tergolong uzur seperti Blas Perez, Luis Tejada, Adolfo Machado dan Jaime Penedo jelas beresiko.

Meski secara pengalaman lumayan diandalkan, kebugaran mereka jelas menjadi tanda tanya. Hal itu jelas menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Gomez, jika tak ingin timnya menjadi bulan-bulanan di Rusia.



PELATIH: Hernan Dario Gomez



Nama Hernan Dario Gomez memang tak terlalu dikenal di sepak bola dunia. Tetapi pria Kolombia ini kerap membuat keajaiban pada tim yang dilatihnya. Sebelumnya dia berhasil membawa Kolombia dan Ekuador ke Piala Dunia (1998 dan 2002). Kini tim kecil seperti Panama berhasil dibawanya ke sana.

PEMAIN TERBAIK: Gabriel Torres



Gabriel Torres merupakan bintang Panama di kualifikasi Piala Dunia. Penyerang yang kini berlaga di klub Cile Huachipato itu mencetak dua gol di putaran kelima kualifikasi. Penyerang berusia 29 tahun itu sudah mencetak 15 gol untuk Panama.

PRESTASI DI PIALA DUNIA
Belum Pernah

PERKIRAAN FORMASI (4-4-2)



GRUP G
Belgia, Panama, Tunisia, Inggris

JADWAL PERTANDINGAN
18 Juni, Pukul 22.00
Belgia vs Panama

24 Juni 2018, Pukul 19.00
Inggris va Panama

29 Juni 2018, Pukul 01.00
Panama  vs Tunisia

PREDIKSI: Fase Grup
Untuk pertama kalinya lolos ke Piala Dunia, membuat Panama akan kesulitan menghadapi tekanan yang mereka terima. Apalagi, Inggris dan Belgia yang memiliki kualitas skuat mumpuni bisa memberikan nereka untuk mereka.


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR