Terima Tawaran Madrid, Lopetegui Dipecat Timnas Spanyol

Reynaldi Hermawan · Rabu, 13 Juni 2018 - 17:19 WIB
Terima Tawaran Madrid, Lopetegui Dipecat Timnas Spanyol

Julen Lopetegui dipecat dari jabatan pelatih kepala timnas Spanyol satu hari jelang kick off Piala Dunia 2018 dimulai. (Foto: Telegraph)

MOSKOW, iNews.id – Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memecat Julen Lopetegui dari kursi kepelatihan tim nasional Spanyol. Keputusan itu terasa mendadak mengingat La Furia Roja akan segera melakoni laga perdana di Piala Dunia melawan Portugal, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB.

Kebijakan tersebut dikeluarkan RFEF satu hari setelah Lopetegui menerima pinangan Real Madrid untuk menggantikan Zinedine Zidane sebagai pelatih kepala Real Madrid. Kabar mengejutkan tersebut langsung diwartakan Presiden RFEF Luis Rubiales.

"Kami terpaksa menuju Piala Dunia tanpa Lopetegui. Saya telah berbicara dengan para pemain dan memberitahu mereka akan bekerja dengan staf pelatih baru. Kami berada dalam situasi yang sulit," kata Rubiales dikutip Marca.

Hingga berita ini diturunkan belum jelas siapa yang akan menjadi suksesor Lopetegui. Kondisi tersebut jelas akan mengganggu persiapan tim Matador di Rusia. 

Sebelumnya, Lopetegui diperkirakan akan mendapat perpanjangan kontrak dari (RFEF) seusai pesta di Rusia itu. Namun, ternyata Madrid bergerak lebih cepat dengan menyodorkannya penawaran menjadi pengganti Zidane. Los Blancos pun memberinya kontrak tiga tahun.

Selama menukangi Sergio Ramos dkk sejak 2016 Lopetegui telah melakoni 20 pertandingan tanpa terkalahkan. Spanyol menang 16 kali dan seri di empat laga lain.


Editor : Achmad Syukron Fadillah