Piala Dunia 2018

Ini Profil Fernando Hierro, Pelatih Baru Timnas Spanyol

Reynaldi Hermawan · Rabu, 13 Juni 2018 - 21:08 WIB

Fernando Hierro ditunjuk Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) untuk menukangi tim nasional Spanyol di Piala Dunia 2018 Rusia. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id – Fernando Hierro ditunjuk Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) untuk menukangi tim nasional Spanyol di Piala Dunia 2018 Rusia. Keputusan tersebut diumukan Presdiden RFEF Luis Rubiales, Rabu (13/6/2018) sore waktu setempat.

Penunjukkannya sebagai entrenador La Furia Roja mengejutkan pecinta sepak bola di seluruh dunia. Sebab, pria berusia 50 tahun itu diplot sebagai pelatih hanya selang beberapa jam setelah RFEF memecat Julen Lopetegui.

Keputusan RFEF diambil karena kecewa dengan sikap Lopetegui yang menerima pinangan Real Madrid sebagai suksesor Zinedine Zidane, Selasa (12/6/2018) kemarin. Rubiales menyayangkan sikap Lopetegui yang justru menandatangani kontrak tiga tahun dengan Los Blancos saat Spanyol tengah bersiap melakoni Piala Dunia.

Kini, Hierro membawa beban berat di punggungnya. Sebab dia hanya memiliki waktu dua hari mempersiapkan timnya sebelum melakoni laga perdana di Piala Dunia melawan Portugal, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB.

Saat masih aktif sebagai pemain, performa Hierro bisa dibilang menawan. Memulai karier di Real Valladolid pada 1987-1989, Hierro tampil apik dengan menyumbang tiga gol dari 58 pertandingan di La Liga. Performa menawan tersebut membuat Real Madrid berhasrat mendapat servisnya.

Bersama Madrid sejak 1989-2003, dia melakoni 610 pertandingan dan mencetak 133 gol. Sebuah angka yang fantastis untuk seorang pemain yang biasa diplot sebagai gelandang bertahan atau bek tengah.

Berkat kontribusinya, Madrid berhasil merengkuh lima trofi La Liga, empat Piala Super Spanyol, tiga titel Liga Champions, dua Piala Dunia antarklub serta satu Piala Super Eropa dan Copa del Rey.

Setelah menikmati periode emas di Santiago Bernabeu, Hierro memutuskan hijrah ke klub Qatar Al Rayyan pada 2003/2004. Semusim di sana, dia hijrah dan mencari nahkah di tanah Britania bersama Bolton Wanderers 2004/2005 sebelum memutuskan pensiun 10 Mei 2005.

Di level timnas, Hierro sudah melakoni 89 pertandingan dan mencetak 29 gol di semua kompetisi. Sayang dia tak mampu mempersembahkan gelar apa pun untuk negaranya.

Jika menilik karier kepelatihan, pengalaman Hierro bisa dibilang minim. Dia pernah ditunjuk sebagai asisten pelatih Carlo Ancelotti di Madrid musim 2014/2015. Sayang, kerja sama tersebut tak menghasilkan satu gelar pun untuk Los Blancos.

Pada 8 Juni 2016, Hierro ditunjuk sebagai pelatih klub Segunda Division Real Oviedo. Namun di sana, dia kembali gagal berprestasi sebelum akhirnya hengkang 13 Juni 2017. Dengan pengalaman yang minim, RFEF tetap mempercayakan Hierro untuk menangani Sergio Ramos dkk.

Pertanyaannya, bisakah Hierro membawa Spanyol jadi juara dunia seperti Piala Dunia Afrika Selatan delapan tahun lalu?


Editor : Achmad Syukron Fadillah

KOMENTAR