Piala Dunia 2018

Prediksi Rusia Vs Arab Saudi: Saatnya Unjuk Gigi di Rumah Sendiri

Reynaldi Hermawan · Kamis, 14 Juni 2018 - 02:03 WIB

Penyerang andalan timnas Rusia Fyodor Smolov. (Foto: Sky Sports)

MOSKOW, iNews.id – Bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia tahun ini, tim nasional Rusia bakal mengerahkan segenap kemampun guna mendapat hasil positif di laga perdana Grup A kontra Arab Saudi. Kedua tim akan saling mengalahkan di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6/2018) malam WIB.

Bermain di rumah sendiri, membuat kemenangan menjadi harga mati bagi Rusia. Mereka tak ingin mengecewakan para pendukung yang bakal memadati stadion berkapasitas 81 ribu penonton tersebut.

Memang, pada laga persahabatan sebelum Piala Dunia, penampilan tim berjuluk Sboranaya itu tak terlalu mengesankan. Skuat asuhan Stanislav Cherchesov tersebut tak pernah menang pada tujuh laga uji coba terakhir (4 kalah 3 imbang).

Melihat catatan memalukan tersebut, Stanislav tentu geram dan ingin segera mengakhirinya. Piala Dunia akan dijadikan panggung memamerkan momen kebangkitan Rusia. Kendati begitu, Chercesov tak ingin sesumbar.

“Kami sudah mengamati cara Arab Saudi bermain di beberapa laga uji coba terakhir. Mereka memiliki pelatih baru dan tentunya akan melakukan banyak perubahan. Tapi kami sudah mempelajari kekuatan mereka secara bertahap,” kata Chercesov dikutip situs resmi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Hal senada diungkapkan striker Sbornaya Fyodor Smolov. Bomber FC Krasnodar itu berhasrat membawa negaranya berbicara banyak di rumah sendiri. Pemain yang hobi mengoleksi tato di tubuhnya itu mengaku penasaran ingin menjajal kekuatan tim berjuluk Green Falcons tersebut.

“Permainan melawan Arab begitu penting buat kami. Tim ini memiliki beban yang berat karena akan bermain di depan banyak pendukung. Saya berharap kami bisa lolos dari grup. Untuk itu kami harus bermain dengan kesatuan tim tanpa mengandalkan satu individu,” ujar Smolov.

Sementara dari kubu lawan, Pelatih Arab Saudi Juan Antonio Pizzi mengaku tak sabar melakoni laga nanti. Arsitek asal Argentina itu sudah menemukan cara jitu untuk meredam agresivitas Rusia yang diprediksi bermain ngotot di kandang sendiri.

“Saya suka menyerang dan menempatkan lawan di bawah tekanan. Bawa bola ke area serang dan masuk ke situasi di mana kami bisa mencetak gol. Terkadang itu terjadi dan di lain waktu itu tidak terlalu efektif. Tetapi itulah tujuan besar kami,” kata Pizzi kepada Arab News.

Bila menilik statistik pertemuan, Arab memiliki sejarah bagus melawan Rusia. Sebelumnya kedua tim pernah bertemu pada laga persahabatan 1993. Di luar dugaan, Green Falcons bisa memetik kemenangan dengan skor meyakinkan 4-2.

PERKIRAAN PEMAIN
RUSIA (4-5-1)

Igor Akinfeev; Mario Fernandes, Fedor Kudryashov, Sergey Ignashevich, Yuri Zhirkov; Roman Zobnin, Daler Kuzyaev, Alan Dzagoev, Aleksandr Samedov, Aleksandr Golovin; Fyodor Smolov
Pelatih: Stanislav Cherchesov

ARAB SAUDI (4-5-1)
Abdullah Al-Mayouf; Usamah Husawi, Omar Hosawi, Yasser Al-Shahrani, Mohammed Al-Barik; Abdullah Otif, Salman Al-Faraj, Yahya Al-Shihri, Taisir Al-Jassim, Salem Al Dosari; Fahad Al-Molad
Pelatih: Juan Antonio Pizzi

REKOR PERTEMUAN

06/10/1993

Laga Persahabatan

Arab Saudi vs Rusia

4-2


Prediksi: 55-45


Editor : Achmad Syukron Fadillah

KOMENTAR