Menikmati Alam Gunung Ciseeng Bogor sambil Berendam di Kolam Air Panas

Vien Dimyati ยท Selasa, 23 Oktober 2018 - 15:00 WIB
Menikmati Alam Gunung Ciseeng Bogor sambil Berendam di Kolam Air Panas

Keindahan kolam air panas Ciseeng Bogor (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Selalu saja ada yang menarik untuk dieksplor ketika Anda berwisata ke Bogor, Jawa Barat. Danau, pegunungan, hingga air terjunnya membuat siapa saja akan takjub melihatnya.

Salah satu destinasi wisata alam yang dapat dinikmati ketika berwisata ke Bogor adalah kolam renang air panas alam yang ada di kaki bukit Gunung Panjang Ciseeng. Masyarakat sekitar kerap menyebutnya pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng yang berada di Desa Ciseeng, Kecamatan Parung, Bogor.

Di kaki bukit ini, terdapat sejumlah kolam air panas yang unik tersusun rapi. Airnya jernih dan mengandung belerang, sehingga kerap dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Ketika berendam di kolam air panas, traveler dapat menikmati pemandangan lembah yang memukau. Nuansa teduh dan asri di sekitar kolam serasa seperti di pedesaan.

"Menurut riset Thai Engineering Matrealis Analysis, C.Ltd, sumber air panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor ini bisa dijadikan sebagai alternatif penyembuhan penyakit kulit serta tulang. Hal ini disebabkan karena air panasnya memiliki kandungan garam yang bisa membuat kulit menjadi semakin halus, jika berendam selama beberapa jam," tulis Instagram @indoflashlight dikutip Selasa (23/10/2018).

Sumber air panasnya berasal dari gunung kapur yang banyak mengandung belerang. Jadi, air panasnya sangat baik untuk kesehatan sendi dan tulang. Selayaknya daerah pegunungan, tempat wisata Tirta Sanita Ciseeng menawarkan udara sejuk dan segar.

Deretan pohon palem raja yang tertata rapi di sisi kanan dan kiri menghiasi pemandian air panas ini. Di samping pohon palem raja terdapat area bermain anak. Jika menyusuri lebih jauh lagi, Anda akan menjumpai kios-kios penjual ikan cupang yang dikemas dalam botol plastik.

Di sini, terdapat juga batu ukuran besar yang dapat berubah-ubah warna jadi putih. Hal itu terjadi karena adanya kandungan belerang pada gunung kapur. Jika sedikit menaiki batu besar tersebut, maka akan terlihat kolam air panas yang warnanya putih kehijauan. Kolam air panas inilah yang digunakan untuk berendam terbuka dan beramai-ramai bersama pengunjung lain.

Rute perjalanan ke pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng membutuhkan waktu 40 menit dari pusat Kota Bogor. Untuk biaya tiket masuk juga murah, yaitu Rp6.000-Rp8.000. Namun, ada biaya tambahan jika Anda ingin berendam di air panas, yaitu Rp10.000-Rp50.000.

 


Editor : Vien Dimyati