Efek Pemecatan Lopetegui

Presiden RFEF: Tak Ada Pemberontakan, Pemain Spanyol Dukung Hierro

Abdul Haris · Kamis, 14 Juni 2018 - 11:21 WIB
Presiden RFEF: Tak Ada Pemberontakan, Pemain Spanyol Dukung Hierro

Luis Rubiales (Foto: Marca)

MOSKOW, iNews.id – Persiapan tim nasional Spanyol terganggu dengan pemecatan terhadap Pelatih Julen Lopetegui. Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mengeluarkan kebijakan itu satu hari setelah Lopetegui menerima pinangan Real Madrid untuk menggantikan Zinedine Zidane sebagai arsitek tim.

Ironis, karena drama ini terjadi hanya berselang dua hari jelang La Furia Roja melakoni laga perdana mereka di Piala Dunia 2018 kontra Portugal, Jumat (15/6/2018) waktu setempat atau Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB.

Dalam sebuah program El Partidazo di Radio Spanyol Cope, Presiden RFEF Luis Rubiales memaparkan isi hatinya setelah mengeluarkan keputusan itu. RFEF mengganti Lopetegui dengan Fernando Hierro. Rubiales yakin seluruh anggota tim mendukung sang arsitek anyar.

“Saya sangat sedih karena saya mempercayai Lopetegui segera setelah saya tiba. Tetapi saya yakin saya mendapat dukungan untuk memecatnya,” ujar Rubiales, dikutip Marca.

“Ada sesuatu yang lebih penting daripada olahraga, seperti nilai dan bagaimana hal-hal dilakukan. Saya mengagumi Lopetegui dan dia seorang profesional yang hebat. Tetapi pada kesempatan ini perilakunya tidak meninggalkan saya pilihan lain,” Rubiales melanjutkan.

Mantan Presiden Asosiasi Pemain Professional Spanyol itu mengaku sangat terpukul dengan situasi ini. Keputusan tegas pun terpaksa dilakukannya.

“Apa yang terjadi sangat serius dan ada kebutuhan untuk mengambil keputusan. Penjelasan Lopetegui tidak meyakinkan saya. Saya mendengarkan semua orang, tetapi keputusan itu milik saya,” ucap Rubiales.

Pemecatan itu dikhawatirkan mengundang pemberontakan. Sebab, dalam tim untuk pertama kalinya sejak 2006 terdapat lebih banyak pemain Madrid. Tercatat ada 6 pemain utama klub juara Eropa itu, yakni kapten Sergio Ramos, Dani Carvajal, Nacho, Lucas Vazquez, Marco Asensio, dan Isco.

Sementara Barcelona hanya mengirim tiga, yakni Gerard Pique, Jordi Alba, dan Sergio Busquets plus legendaris klub Katalan itu Andres Iniesta yang memilih hengkang dari Camp Nou, bulan lalu.

“Mereka (para pemain) benar-benar bertekad untuk melakoni Piala Dunia dengan baik. Tidak ada pemberontakan, para pemain benar-benar baik,” ujarnya.

Dia melihat Hierro bisa diterima dengan baik oleh seluruh anggota tim. “Hierro telah bertindak dengan cara yang sangat jujur. Para pemain telah menerima dia dengan senang hati, dan mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka akan bersamanya sampai mati,” kata Rubiales.

Dalam kesempatan itu, Rubiales juga menuturkan kekecewaannya kepada Real Madrid. Sebaliknya, dia berterima kasih kepada Sevilla yang mengizinkan pelatih tim junior mereka, Carlos Marchena, untuk menjadi asisten Hierro.

“Saya berbicara dengan Florentino Perez, Selasa (12/6/2018). Real Madrid memanggil saya 5-10 menit sebelum pernyataan itu dirilis. Saya meminta mereka (Perez dan Lopetegui) untuk tidak melakukan apa-apa, tetapi mereka merilis pernyataan itu,” tutur Rubiales.

“Sevilla telah memikirkan timnas Spanyol dan ada kebutuhan untuk berterima kasih kepada mereka. Sedangkan Real Madrid memikirkan kepentingan mereka sendiri,” ucapnya.


Editor : Abdul Haris