Timnas Spanyol

Hierro: Kami Tak Bisa Ubah 2 Tahun Kerja dalam 2 Hari

Abdul Haris · Kamis, 14 Juni 2018 - 12:06 WIB
Hierro: Kami Tak Bisa Ubah 2 Tahun Kerja dalam 2 Hari

Pelatih anyar timnas Spanyol Fernando Hierro (tengah) memberi instruksi kepada pasukannya pada latihan di Krasnodar Academy, Rabu (13/6/2018). (Foto: AFP)

KRASNODAR, iNews.id – Pelatih anyar tim nasional Spanyol Fernando Hierro menyatakan kesiapannya mendapatkan limpahan tanggung jawab dari Julen Lopetegui yang dipecat, Rabu (13/6/2018), dua hari sebelum laga perdana mereka di Piala Dunia kontra Portugal, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB.

Mantan defender Real Madrid itu menegaskan fokusnya saat ini adalah mempersiapkan tim jelang melakoni laga tersebut.

“Kami tak punya waktu menyesali kondisi diri kami. Fokus kami adalah berjuang pada Piala Dunia ini. Para pemain sudah bekerja keras untuk ini dalam dua tahun terakhir,” ucap Hierro, dikutip Marca.

“Saya katakan kepada para pemain bahwa kami memiliki tantangan yang indah dan menarik. Kami tidak bisa membiarkan situasi ini menjadi alasan untuk mengalihkan perhatian kami dari mimpi kami,” tuturnya.

Posisi Hierro yang sebelumnya sebagai direktur teknis membuatnya cukup mengenal atmosfer di tim tersebut. Dia pun mengaku telah mengikuti perkembangan tim ini selama dua tahun.

“Kami memiliki sekelompok pemain yang telah bersama selama dua tahun untuk bekerja menuju Piala Dunia, dan saya telah menjadi direktur olahraga, jadi saya mengerti motivasi yang sangat besar di sini,” ujarnya.

“Kami tidak dapat mengubah dua tahun kerja keras dalam dua hari mendatang. Banyak staf masih bersama kami, dan kami telah menonton video tentang pertandingan yang akan datang, jadi kami harus cerdas dan kompak,” kata Hierro.

Hierro sudah memulai kepemimpiannya pada sesi latihan di Krasnodar Academy, Rabu kemarin. Dia mengakui, karena mepetnya waktu dia akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan Lopetegui.

“Mulai sekarang hingga pertandingan kontra Portugal, kami tidak memiliki kemampuan untuk banyak berubah. Saya telah berada di semua sesi pelatihan lainnya dan telah hadir dari hari ke hari. Kami tidak bisa mengubah apa pun dalam dua hari,” Hierro menjelaskan.

Saat ditanya apa yang dikatakan oleh para pemain ketika mereka diberitahu tentang perubahan kepelatihan, Hierro menjelaskan, mereka mengatakan kepadanya bahwa mereka masih bersemangat dan termotivasi.

“Saya mengatakan kepada para pemain, saya bisa melihat mereka semua dari mata. Saya sangat tenang dan tidak ada alasan untuk tidak memperjuangkan apa yang kami inginkan,” nakhoda 50 tahun itu menerangkan.

“Skuad termotivasi dan kami memiliki peluang besar, jadi fokusnya adalah pada apa yang kami datangi, yaitu bertarung untuk Piala Dunia. Kami tidak bisa membiarkan dua hari ini menjadi alasan. Prioritasnya adalah fokus pada masalah olahraga,” Hierro mengungkapkan.


Editor : Abdul Haris