Fakta, Hanya 4 Negara Bisa Juara Piala Dunia di Rumah Sendiri

Fitradian Dhimas Kurniawan · Jumat, 15 Juni 2018 - 07:30 WIB
Fakta, Hanya 4 Negara Bisa Juara Piala Dunia di Rumah Sendiri

Prancis jadi negara terakhir yang bisa juara saat menjadi tuan rumah. (Foto: fifa.com)

MOSKOW, iNews.id – Piala Dunia 2018 Rusia merupakan kejuaraan Piala Dunia ke-21 yang diselenggarakan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Namun dari keseluruhan hajatan yang sudah digelar hanya ada delapan tim yang pernah mencicipi mahkota juara yakni Brasil, Italia, Jerman, Uruguay, Inggris, Spanyol, Argentina, dan Prancis.

Uniknya, empat negara di antaranya merebut gelar juara dunia pertama saat bertatus tuan rumah. Selain itu, dua di antaranya masih belum bisa meraih titel Piala Dunia setelah menang di hadapan publik sendiri.

Tim pertama yang menjadi kampiun di rumah sendiri adalah Uruguay. Mereka menjadi tuan rumah edisi perdana pada 1930. Dengan hanya 13 negara kontestan, Uruguay tampil digdaya di final dengan mengalahkan Argentina 4-2.

Tradisi tuan rumah yang memenangi Piala Dunia pun berlanjut pada 1934. Saat itu, Italia menjamu 15 negara lainnya. Tetapi, tidak ada yang sanggup mengalahkan Gli Azzuri, meski Cekoslowakia sempat memberi perlawanan di putaran final hingga harus berlanjut ke babak tambahan.

Setelah itu, belum ada yang bisa menjadi juara di hadapan publik sendiri, hingga tahun 1966. Saat itu, Inggris menjadi tuan rumah Piala Dunia, dan tampil pada putaran final di Wembley menghadapi Jerman Barat.

Tak disangka, The Three Lions sanggup mengatasi Der Panzer dengan skor 4-2 setelah perpanjangan waktu. Sayang, Inggris masih belum bisa meraih gelar Piala Dunia keduanya hingga hari ini dan masih memperjuangkannya di Rusia nanti.

Inggris tidak sendiri dalam mengejar titel juara dunia keduanya setelah menang di rumah sendiri. Prancis juga harus membuktikan mereka bukan jago kandang.

Pasalnya, Les Blues masih belum bisa kembali menjadi kampiun setelah menjuarai Piala Dunia 1998. Mereka menang pertandingan tersebut 3-0 pada final Piala Dunia di Stade de France untuk pertama kalinya, dengan waktu pertandingan dua hari sebelum Hari Nasional Prancis yang mengikuti kemenangan tersebut.

Bagaimana dengan Piala Dunia 2018? Mampukah Rusia menjadi Negara kelima yang juara di rumah sendiri? Di atas kertas, tim berjuluk Sbornaya itu sepertinya sulit menggapai mimpi tersebut, meskipun tak ada yang tak mungkin dalam sepak bola.


Editor : Abdul Haris