Piala Dunia 2018

Demi Dukung Arab Saudi, Seorang Pendukung Bersepeda ke Rusia

Haryo Jati Waseso · Kamis, 14 Juni 2018 - 16:12 WIB
Demi Dukung Arab Saudi, Seorang Pendukung Bersepeda ke Rusia

Fahd Al-Yahya (kiri) bertemu dengan kontingen Arab Saudi setelah bersepeda dari Riyadh ke Moskow. (Foto: FIFA)

MOSKOW, iNews.id - Seorang pendukung timnas Arab Saudi menunjukkan kecintaan untuk negaranya dengan bersepeda dari negara Timur Tengah itu ke Rusia, demi menyaksikan Green Falcons berlaga di Piala Dunia 2018. Persona yang dimaksud adalah Fahd Al-Yahya.

Dia memulai perjalanannya dari Riyadh dan menempuh jarak melebihi 5.145 km untuk mencapai Moskow. Al-Yahya juga menghabiskan waktu 75 hari perjalanan dan sempat mengalami cedera punggung serta sebuah kecelakaan.

Namun, akhirnya dia mampu tiba tepat waktu untuk menyaksikan laga pembuka Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Arab Saudi dengan Rusia di Stadion Luzhniki, Kamis (14/6/2018).

“Pangeran dari wilayah Riyadh Faysal Ben Bandar Abdulaziz memberikan saya bendera nasional dan membawanya ke Rusia, menuju kedutaan besar Saudi di Moskow. Saya memberikannya kepada Duta Besar Raed Qrimli, Selasa (12/6/2018),” ujarnya di situs resmi FIFA.

“Saya melakukan perjalanan ini agar bisa mendukung Si Elang Hijau di Piala Dunia,” tuturnya. Namun, pria berusia 28 tahun itu menegaskan dia tak akan bersepeda pada perjalanan kembali dari Rusia.

“Ini merupakan perjalanan yang jauh dengan sepeda dan saya akan terbang saat kembali ke Riyadh,” katanya. Selain akan menonton pertandingan Arab Saudi, Al-Yahya sempat menyambangi markas negaranya di Saint-Petersburg.

Di sana dia disambut oleh Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) Adel Ezzat. Sang presiden memujinya sebagai sosok yang memiliki determinasi untuk melewati semua rintangan demi mendukung timnas negaranya.

Di Piala Dunia 2018, Arab Saudi tergabung di Grup A. Selain Rusia, tim besutan Juan Antonio Pizzi itu juga akan melawan Uruguay serta Mesir. Bagi Arab Saudi turnamen ini menjadi keikutsertaan pertama mereka, setelah absen di dua gelaran sebelumnya.


Editor : Haryo Jati Waseso