Piala Dunia 2018

Prediksi Portugal Vs Spanyol: Laga Pembuktian Fernando Hierro

Reynaldi Hermawan · Jumat, 15 Juni 2018 - 08:15 WIB

Pelatih tim nasional Spanyol Fernando Hierro. (Foto: PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP)

SOCHI, iNews.id – Performa tim nasional Spanyol di bawah pelatih baru Fernando Hierro menjadi sorotan saat bentrok Portugal pada laga perdana penyisihan Grup B Piala Dunia 2018 di Olimpiyskiy Fisht Stadium, Sochi, Sabtu (17/6/2018) dini hari WIB.

Hierro ditunjuk menukangi La Furia Roja setelah Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memecat Julen Lopetegui, Rabu (13/6/2018). Hierro duduk di kursi kepelatihan hanya dua hari sebelum timnya bentrok Portugal. Meski memiliki persiapan minim, mantan kapten Real Madrid itu ingin timnya memberikan kemampuan terbaik.

“Saat ini saya sangat tenang. Waktu persiapan dua hari bukan alasan. Kami akan berusaha semaksimal mungkin mengatasi ini. Yang terpenting kami harus selalu bersikap positif. Kami datang kesini untuk memperjuangkan Piala Dunia,” ujar Hierro dikutip Dialy Mail.

Dia juga memastikan anak asuhnya tak terganggu dengan transisi kursi kepelatihan. Hierro menilai Sergio Ramos dkk merupakan atlet yang memiliki mental dewasa dan paham bagaimana cara menyikapi masalah ini.

“Para pemain adalah seorang atlet profesional yang sangat baik dan juga matang. Ini bukan hari yang mudah bagi siapa pun. Tetapi mereka melakukan pekerjaan dengan luar biasa sebagai olahragawan yang baik,” ujar entrenador berusia 50 tahun tersebut.

Dari kubu lawan, Pelatih Portugal Fernando Santos tak ingin menganggap remeh meski Spanyol tengah ditimpa masalah. Dia tetap menginstruksikan anak asuhnya main maksimal pada laga nanti. Tentunya, ketajaman Cristiano Ronaldo akan diandalkan untuk membombardir pertahanan La Furia Roja.

Bintang Real Madrid tersebut sudah paham betul bagaimana gaya bermain Spanyol. Terlebih, beberapa penggawa La Furia Roja seperti Ramos dan Isco Alarcon merupakan rekan setim Ronaldo di Madrid. Untuk itu, Santos optimistis Ronaldo memberi kontribusi besar membawa Portugal memetik kemenangan.

“Tidak ada tujuan lain bagi saya selain kemenangan. Kami datang kesini demi meraih poin penuh,” ujar Santos. Menilik rekor pertemuan, Portugal masih kalah jauh dibandingkan Spanyol. Dari 35 pertandingan di semua ajang, La Furia Roja berhasil memetik 16 kemenangan. Sedangkan Selecao hanya enam dan laga sisanya berakhir imbang.

Spanyol juga berhasil memenangkan dua pertandingan terakhir di kompetisi besar. Pada Piala Eropa 2012, La Furia Roja menang adu penalti 5-4 atas Portugal di semifinal setelah bermain imbang tanpa gol. Kemudian pada Piala Dunia 2010, Spanyol mengandaskan Portugal dengan skor 1-0 di babak 16 Besar.



LIMA PERTEMUAN TERAKHIR

28/06/2012

Piala Eropa

Portugal vs Spanyol

0-0P

18/11/2010

Laga Persahabatan

Portugal vs Spanyol

4-0

30/06/2010

Piala Dunia

Spanyol vs Portugal

1-0

21/06/2004

Piala Eropa

Spanyol vs Portugal

0-1

07/09/2003

Laga Persahabatan

Portugal vs Spanyol

0-3


Prediksi:
50-50


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR