Piala Dunia 2018

Parade Lagu Piala Dunia, Edisi 1998 Paling Fenomenal

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 14 Juni 2018 - 19:24 WIB
Parade Lagu Piala Dunia, Edisi 1998 Paling Fenomenal

Ketika Piala Dunia 2010 mampir ke Afrika untuk pertama kalinya, FIFA menggandeng Shakira untuk membawakan Waka Waka. (Foto: Zimbio)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

MOSKOW, iNews.id - Pada setiap pagelaran Piala Dunia, selalu ada satu tembang tema sekaligus sebagai identitas lain dari pesta sepak bola paling bergengsi empat tahunan tersebut. Termasuk di antaranya adalah Will Smith bersama Nicky Jam dan Era Istrefi yang menembangkan lagu tema resmi Piala Dunia 2018 berjudul Live It Up karya Diplo.

Untuk lagu tema Piala Dunia sesungguhnya sudah ada sejak Piala Dunia edisi 1962 di Chile. Saat itu, El Rock del Mundial dinobatkan sebagai lagu tema yang dinyanyikan Los Rambles yang turut mengiringi jalannya kompetisi sepak bola terbesar di dunia.

Namun, lagu tersebut bukan pengiring resmi dari ajang tersebut. FIFA baru merilis tembang resmi di Piala Dunia 1978 di Argentina dengan lagu berjudul El Mundial yang dipopulerkan oleh Buenos Aires Municipal Symphony. 

Lagu resmi yang pertama kali meraih kesuksesan besar adalah saat Ricky Martin membawakan La Copa de la Vida untuk mengiringi Piala Dunia 1998 di Prancis. Saking suksesnya, lagu itu melejit ke puncak tangga lagu dunia.

Menyusul kesuksesan tersebut, FIFA meneruskan tradisi untuk terus mendampingi Piala Dunia dengan lagu tema resmi. Untuk edisi 2002 di Jepang dan Korea Selatan, lagu berjudul Let’s Get Together Now terngiang di telinga penggemar sepak bola.

Setelah menggunakan lagu bertempo cepat, FIFA mencoba untuk memperkenalkan The Time of Our Lives yang dinyanyikan oleh Il DIvo dan Toni Braxton di Piala Dunia 2006. Meski tidak terlalu sukses, lagu ini membuat turnamen empat tahunan itu terasa lebih megah.

Ketika Piala Dunia 2010 mampir ke Afrika untuk pertama kalinya, FIFA menggandeng Shakira untuk membawakan Waka Waka. Lagu ini diserap dengan baik oleh penggemar sepak bola dan terus menggema hingga Piala Dunia 2010 selesai.

Saat ajang sepak bola paling bergengsi di dunia ini diadakan di Brasil pada 2014, FIFA menggunakan jasa Pitbull. Dia membawakan We Are One (Ole Ola) bersama Jennifer Lopez dan Claudia Leitte dalam mengiringi Piala Dunia 2014.

Berikut daftar lagu tema Piala Dunia dari masa ke masa

1962

Cili

El Rock del Mundial

Los Rambles

1966

Inggris

World Cup Willie (Where in this world are We Going)

Lonnie Donegan

1970

Meksiko

Futbol Mexico 70

Los Hermanos Zavala

1974

Jerman

Futbol

Maryla Rodowicz

1978

Argentina

El Mundial

Buenos Aires Municipal Symphony

1982

Spanyol

Mundial 82

 

1986

Maksiko

A Special Kind of Hero

Stephanie Lawrence

1990

Italia

Un’estate Italiana (To Be Number One)

Giorgio Moroder Project

1994

Amerika Serikat

Gloryland

Daryl Hall dan Sounds of Blackness

1998

Prancis

La Copa de la Vida (The Cup of Life)

Ricky Martin

2002

Korea Selatan-Jepang

Let’s Get Together Now

Voices of KOREA/JAPAN

2006

Jerman

The Time of Our Lives

Il Divo ft Toni Braxton

2010

Afrika Selatan

Waka Waka

Shakira ft Freshlyground

2014

Brasil

We Are One (Ole Ola)

Pitbull ft Jennifer Lopez dan Claudia Leitte

2018

Rusia

Live It Up

Nicky Jam ft Will Smith dan Era Istrefi

 


Editor : Achmad Syukron Fadillah