Piala Dunia 2018

Hasil Piala Dunia: Rusia Pesta 5 Gol atas Arab Saudi

Haryo Jati Waseso ยท Jumat, 15 Juni 2018 - 00:08 WIB
Hasil Piala Dunia: Rusia Pesta 5 Gol atas Arab Saudi

Penyerang Rusia Artem Dzyuba mencetak gol ketiga timnya, kala mengalahkan Arab Saudi 5-0 di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6/2018) malam. (Foto: Daily Mail)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

MOSKOW, iNews.id – Rusia meraih kemenangan telak pada laga perdana Piala Dunia 2018, seusai mengalahkan Arab Saudi 5-0 di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6/2018). Kemenangan ini membuat Rusia menduduki peringkat teratas Grup A dan Arab berada di posisi buncit.

Rusia mencoba bermain menyerang sejak awal, meski Arab lebih baik dalam dominasi bola. Serangan yang terus dialirkan Alan Dzagoev dkk, kerap merepotkan pertahanan Arab yang dikoordinisi Osama Hawsawi.

Akhirnya serangan beruntun tim berjulukan Sbornaya itu menghasilkan gol di menit ke-12. Memanfaatkan umpan silang Aleksandar Golovin, Yuri Gazinsky yang berdiri bebas dengan mudah menanduk bola menjebol gawang Arab yang dijaga Abdullah Al-Maiouf.

Gol itu menjadi yang pertama tercipta di Piala Dunia 2018. Tertinggal, Green Falcon mencoba lebih gencar menyerang dan beberapa kali Mohammad Al Sahlawi memberikan ancaman di pertahanan Rusia. Namun, lini belakang tuan rumah selalu mampu menggagalkannya.

Rusia sempat kehilangan Dzagoev di menit ke-24 karena cedera dan digantikan Denis Cheryshev. Namun, perubahan itu malah berbuah positif, karena dia mencetak gol kedua Rusia di menit ke-43.

Memanfaatkan sodoran Roman Zobnin, Cheryshev yang berusaha merengsek melewati gawang lawan, langsung dihadang oleh bek Arab. Tetapi pemain Villarreal itu dengan cerdik mampu melewatinya dan melepaskan tembakan keras menjebol gawang Arab. Keunggulan itu bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Rusia mencoba menguasai permainan. Namun, bola lebih banyak bergulir di tengah lapangan. Akhirnya, Sbornaya mencetak gol ketiga di menit ke-71, lewat pemain yang baru masuk Artem Dzyuba.

Golovin kembali menjadi kreator gol lewat umpan silangnya dari dalam kotak penalti yang langsung ditanduk oleh penyerang 29 tahun tersebut dan masuk ke gawang Arab tanpa mampu dihadang Al-Maiouf.

Cheryshev mencetak gol keempat Rusia dan gol keduanya di laga itu ketika masa injury time berjalan satu menit. Akhirnya tak lama kemudian, pesta gol tuan rumah ditutup gol Golovin lewat tembakan bebas terarah yang gagal dihentikan Al-Maiouf.

SUSUNAN PEMAIN
RUSIA (4-2-3-1)

Akinfeev; Fernandes, Kutepov, Ignashevich, Zhirkov; Zobnin, Gazinskiy; Golovin, Dzagoev (Cheryshev 24), Samedov (Kuzyaev); Smolov (Dzyuba 70).
Pelatih: Stanislav Cherchesov

ARAB SAUDI (4-5-1)
Al-Maiouf; Al-Buryak, Osama Hawsawi, Omar Hawsawi, Al-Shahrani; Al Shehri (Babhir 74), Al-Jassim, Otayf (Al-Muwallad), Al-Faraj, Al-Dawsari; Al-Sahlawi (Aseri 85).
Pelatih: Juan Antonio Pizzi


Editor : Haryo Jati Waseso