Piala Dunia 2018

Pelatih Arab Saudi Tak Menyangka Bakal Kalah Telak

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Jumat, 15 Juni 2018 - 03:10 WIB
Pelatih Arab Saudi Tak Menyangka Bakal Kalah Telak

Pelatih timnas Arab Saudi Juan Antonio Pizzi. (Foto: The Guardian)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

MOSKOW, iNews.id – Tim nasional Arab Saudi mengalami kekalahan telak 0-5 dari Rusia pada pertandingan pembuka Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6/2018) malam WIB. Pelatih Arab Saudi Juan Antonio Pizzi mengaku tak menyangka timnya bakal kalah dengan skor besar.

Rusia mencoba bermain menyerang sejak awal, meski Arab lebih baik dalam dominasi bola. Serangan yang terus dialirkan Alan Dzagoev dkk, kerap merepotkan pertahanan Arab yang dikoordinir Osama Hawsawi.

Akhirnya, gawang Arab yang dijaga oleh Abdullah Al Maiouf dijebol oleh Yuri Gazinskiy di menit ke-12, Denis Cheryshev (43 dan 90+1), Artem Dzyuba (71) dan Aleksandar Golovin (90+4).

Pizzi pun mengaku semuanya tak berjalan baik. Dia menegaskan permainan timnya tak sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Pertandingan yang sulit. Kami menderita kekalahan telak dan tak terduga. Rusia bermain sangat bagus, sedangkan kami tampaknya tidak tampil dengan baik,” kata pria asal Spanyol itu di laman resmi FIFA.

Padahal, dia sudah bisa mengetahui pola serangan tim berjuluk Sbornaya tersebut. Pizzi pun menegaskan akan  mengganti skema strategi pada laga berikutnya.

“Lawan kami tidak melakukan serangan yang mengejutkan. Hasil ini murni akibat performa buruk dari kami. Kami harus mengganti strategi,” ujar pelatih berusia 50 tahun itu.

Pada laga kedua tim berjulukan Green Falcon itu akan menghadapi Uruguay di  di Rostov Arena adalah Uruguay, Rabu (20/6/2018). Meski berat, Pizzi yakin pemainnya masih bisa lolos ke fase berikutnya.

“Sekarang kami harus melupakan pertandingan ini dan berkonsentrasi pada laga berikutnya. Saya merasa yakin dengan para pemain,” tutur Pizzi.


Editor : Haryo Jati Waseso