Kenapa Cristiano Ronaldo Tinggalkan Real Madrid? Ini Kisahnya

Abdul Haris · Rabu, 11 Juli 2018 - 10:02 WIB

Cristiano Ronaldo (Foto: standard.co.uk)

MADRID, iNews.id – Real Madrid bukan hanya kehilangan ikonnya dengan kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus senilai 105 juta euro atau sekitar Rp1,76 triliun. Megabintang berjuluk CR7 lebih dari itu, dia adalah jimat Madrid, serta alpha dan omega buat klub ibu kota Spanyol itu.

Lebih dari sekadar seorang mesin gol, dia juga aset jualannya Los Blancos yang membuat mereka bolak-balik menjadi klub terkaya di dunia. Dia juga figur yang membuat Madrid merasa tak perlu merombak skuat secara besar-besaran dalam tujuh musim terakhir.

Perpindahan Ronaldo ke Juventus bukan sekadar transfer terbesar kedua sepanjang sejarah sepak bola. Kesepakatan itu, setelah memperhitungkan upah, biaya transfer dan komisi, akan muncul angka sekitar 298 juta euro (Rp5 triliun) yang hanya bisa dilewati oleh penjualan Neymar Jr dari Barcelona ke Paris Saint-Germain tahun lalu. Itu juga pertaruhan besar untuk semua orang yang terlibat.

Buat Ronaldo, ini juga lompatan terbesar dalam kariernya. Banyak harga yang dia pertaruhkan di sini. Sebab, dia meninggalkan klub terbesar di dunia, kota tempat dia menetap dan liga di mana dia nyaman dan dominan dalam kurun sembilan musim terakhir sejak ditransfer dari Manchester United pada 2009 silam.

Dihitung dari pendapatan, perpindahannya ke Juventus bisa jadi malah di bawah apa yang ditawarkan Madrid untuknya. Secara nilai jual, Los Blancos dan La Liga tentu lebih menjanjikan ketimbang berada di Juventus dan Serie A.

 


Namun, pindah ke Juventus juga bukan semi-pensiun untuk bintang 33 tahun itu. Karena klub Kota Turin itu masih menuntut persaingan tingkat tinggi yang penuh memeras keringat.

Lalu, apa yang mendorong langkah Ronaldo meninggalkan Santiago Bernabeu? Jawabannya bisa jadi masalah psikologis.

Ya, Ronaldo merasa sudah tidak dicintai publik Madrid. Dua musim terakhir langkahnya di Santiago Bernabeu dipenuhi sinisme dan ejekan. Sampai yang terkini adalah penurunan klausul pelepasan (buyout clause) dirinya.

Suatu saat di waktu musim dingin 2018, Madrid diyakini membuat kesepakatan dengan Ronaldo. Klub itu menyatakan, CR7 bisa pergi dengan banderol 100 juta euro, turun dari klausul sebelumnya sebesar 1 miliar euro. Syaratnya, dia tak bergabung dengan rival langsung Madrid.

Kesepakatan itu kurang disukai Ronaldo. Dia menganggap klausul itu sebagai sinyal kalau klub itu sudah tak menginginkannya lagi.


Editor : Abdul Haris

Halaman : 1 2

KOMENTAR