Piala Dunia 2018

Mourinho: Inggris Memiliki Keunggulan atas Kroasia

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 11 Juli 2018 - 22:02 WIB
Mourinho: Inggris Memiliki Keunggulan atas Kroasia

Pelatih Manchester United Jose Mourinho. (Foto: Daily Star)

MOSKOW, iNews.id - Pelatih Manchester United (MU) Jose Mourinho menilai tim nasional Inggris memiliki keunggulan saat menghadapi Kroasia pada semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB. Oleh sebab itu, Tiga Singa tak perlu risau dalam menghadapi Kroasia.

MU tercatat memiliki empat pemain yang ikut ke Rusia, yakni Marcus Rashford, Ashley Young, Phil Jones dan Jesse Lingard. Tak heran, Mourinho pun menjagokan tim besutan Gareth Southgate itu.

Pelatih asal Portugal itu menilai pemain Inggris lebih bugar ketimbang penggawa Kroasia. Keadaan tersebut dikarenakan pada pertandingan di fase grup, Inggris mendapatkan dua lawan yang cukup mudah dan mendulang enam poin. Akibatnya, ketika kalah 0-1 dari Belgia di laga terakhir fase grup, Inggris bisa merotasi para pemainnya untuk beristirahat.

Selain itu, ketika memasuki fase gugur pun Inggris diuntungkan karena saat menang 2-0 atas Swedia, skuat asuhan Gareth Southgate tak perlu bertarung hingga babak tambahan. Berbeda dengan Kroasia yang sejak fase grup sudah menjalani laga-laga sengit. Bahkan, dalam dua pertandingan mereka di fase gugur, Kroasia selalu bertarung habis-habisan hingga babak adu penalti.

“Inggris lebih segar dan memiliki pemain muda. Mereka juga menjalani fase grup yang tidak sulit, di mana mereka memainkan dua pertandingan mudah. Hasilnya, pada pertandingan melawan Belgia mereka mengubah susunan pemain," kata Mourihno kepada Mirror.

Oleh sebab itu, pelatih berjuluk The Special One tersebut menilai Inggris dapat memanfaatkan keunggulannya. “Jadi para pemain yang bermain sekarang, mereka semua memiliki satu pertandingan lebih sedikit dari Kroasia, karena mereka tidak bermain melawan Belgia. Mayoritas pemain Inggris masih muda dan dalam kondisi prima,” ujarnya.

Pelatih berusia 55 tahun itu menyebut Tiga Singa memiliki skuat yang lebih bahagia. Namun, dia yakin Kroasia memiliki mental yang lebih baik.

"Antara Inggris dan Kroasia, saya pikir Kroasia memiliki mentalitas yang hebat. Pemain lini tengah mereka fantastis dalam mengontrol dan menguasai permainan. Namun Inggris adalah tim yang bahagia," tutur Mourinho.


Editor : Achmad Syukron Fadillah