Piala Dunia 2018

Susunan Pemain Kroasia Vs Inggris: Modric Mainkan Peran Beda

Syukron Fadillah · Kamis, 12 Juli 2018 - 00:08 WIB

Menghadapi Inggris Luka Modric akan memerankan striker lubang yang siap menusuk ke dalam kotak penalti dari lini kedua. (Foto: Fifa.com)

MOSKOW, iNews.id – Pelatih Kroasia Zlatko Dalic kembali mengandalkan skema 4-2-3-1 saat menghadapi Inggris di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB. Akan tetapi, di babak semifinal Piala Dunia 2018 kali ini Luka Modric memiliki tugas berbeda dibanding laga-laga sebelumnya.

Dalic kerap menempatkan Modric sebagai penyeimbang di lini tengah. Modric juga menjadi motor serangan yang dimulai dari kakinya termasuk memotong bola masuk ke dalam pertahanan Kroasia.

Kini, playmaker yang bermain untuk Real Madrid itu ditempatkan persis di belakang Mario Mandzukic. Modric akan memerankan striker lubang yang siap menusuk ke dalam kotak penalti dari lini kedua.

Dalic kemudian menugaskan Marcelo Brozovic untuk memainkan peran Modric seperti pada laga-laga sebelumnya. Bersama Ivan Rakitic, Brozovic akan menjadi destroyer di lini tengah Kroasia.

Sementara, Pelatih timnas Inggris Gareth Souhtgate bertahan dengan formasi 3-5-2. Permainan Inggris jauh lebih hidup dan sama kuatnya antara sentral lapangan maupun lini sayap dengan formasi tersebut.

Dele Alli, Jordan Henderson, dan Jesse Lingard akan memberi kenyamanan bagi lini depan Tiga Singa saat menyerang. Ketiganya bakal menjadi penyuplai bola ke lini depan. Sebaliknya, trio tersebut pun mampu menghadirkan keamanan bagi lini pertahanan Inggris dalam posisi bertahan.

Sedangkan Kieran Trippier dan Ashley Young yang mulai moncer memanfaatkan lebar lapangan diyakini bakal kembali memberikan teror bagi pertahanan lawan. Akselerasi keduanya langsung ke dalam kotak penalti ataupun umpan silang yang dilepaskan wajib diantisipasi Dejan Lovren ataupun Domagoj Vida.

Keduanya juga mulai piawai memainkan peran sebagai bek sayap. Trippier dan Young akan turun membantu pertahanan saat Inggris mendapat tekanan. Itu artinya, Inggris akan bermain dengan lima bek dengan Kyle Walker, John Stones, dan Harry Maguire sebagai palang pintu sejajar.

SUSUNAN PEMAIN
KROASIA (4-2-3-1)
Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic; Ivan Rakitic; Marcelo Brozovic; Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Perisic; Mario Mandzukic
Pelatih: Zlatko Dalic

INGGRIS (3-5-2)
Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Dele Alli, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young; Harry Kane, Raheem Sterling
Pelatih: Gareth Souhtgate


Editor : Achmad Syukron Fadillah

KOMENTAR