Piala Dunia 2018

Gol Mario Mandzukic Bawa Kroasia Menuju Final

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 12 Juli 2018 - 03:32 WIB
Gol Mario Mandzukic Bawa Kroasia Menuju Final

Kroasia akan menghadapi Prancis di babak final usai mengalahkan Inggris 2-1 pada babak semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id – Kroasia akan menghadapi Prancis di babak final usai mengalahkan Inggris 2-1 pada babak semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB.

Setelah 90 menit laga, skor sama kuat 1-1 antara Inggris kontra Kroasia belum berubah. Kedua tim terpaksa melanjutkannya ke babak tambahan.

Pada babak tambahan pertama, Dele Alli mendapat ruang di tepi kotak penalti di menit ke-93. Namun, umpannya untuk Jesse Lingard masih belum tepat sasaran.

Inggris berpeluang untuk merebut keunggulan di menit ke-99. Kieran Trippier kembali mengirimkan sepak pojok yang berbahaya. Namun, sundulan Harry Maguire yang mengarah ke pojok gawang berhasil dihadang Sime Vrsaljko yang berdiri tepat di garis gawang.


Skuat asuhan Gareth Southgate terus mencari celah. Danny Rose mengirim umpan apik menuju area pertahanan Kroasia. Tetapi, bola berhasil dihadang Dejan Lovren sebelum coba diterima Marcus Rashford yang berlari ke depan gawang.

Kroasia berusaha untuk membalas di menit ke-105. Ivan Perisic memberikan crossing kepada Mario Mandzukic. Namun, tendangannya mengenai lengan kiper Inggris Jordan Pickford sehingga babak tambahan pertama berakhir imbang.

Begitu babak tambahan kedua dimulai, Kroasia berbalik mendominasi serangan di menit ke-108. Luka Modric memberikan umpan mendatar ke tepi kotak penalti yang disambut sepakan Ivan Rakitic. Namun, bola masih melebar ke sisi gawang Inggris.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan di menit ke-109. Mandzukic memanfaatkan kelengahan Pickford yang memusatkan perhatian kepada sundulan Perisic. Tak disangka, Perisic justru mengumpan dan Mandzukic menendang bola dan mencetak gol. Skor 2-1 pun bertahan hingga 120 menit pertandingan.



Jalannya babak pertama

Inggris langsung merebut keunggulan ketika pertandingan dimulai. Trippier mencetak gol melalui tendangan bebas di menit kelima. Bek Tottenham Hotspur itu melepaskan tembakan melengkung sehingga bola melewati pagar betis dan meluncur deras ke pojok kanan atas gawang.

Tim asuhan Gareth Southgate terus memberikan tekanan. Trippier kembali memberikan bola mati yang berbahaya melalui sepak pojok dan diterima oleh Harry Maguire di menit ke-17. Tetapi, tandukannya masih bisa diamankan kiper Kroasia Danijel Subasic.

Dua menit kemudian, giliran Kroasia yang menyerang balik. Ivan Perisic melepaskan tempakan keras menuju gawang Inggris. Sayang, sepakannya itu masih melebar.

Inggris berpeluang untuk menggandakan keunggulan di menit ke-29. Tendangan mendatar Harry Kane nyaris bersarang di gawang Kroasia. Beruntung Kroasia memiliki Subasic yang sanggup mengamankan gawang.

Skuat Tiga Singa terus mencari celah untuk memperlebar jarak di menit ke-35. Dele Alli mengirim bola dan memberikan umpan manis kepada Jesse Lingard yang berdiri bebas tanpa kawalan di depan kotak penalti. Sayang sepakan winger Manchester United itu masih melebar sehingga keunggulan 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.


Jalannya babak kedua

Kembali dari ruang ganti Kroasia coba mengambil inisiatif menyerang. Namun, Inggris yang memulai babak kedua dengan sepak bola negatif sulit untuk ditembus.

Laga pun terpaku di sektor tengah lapangan. Kedua tim sama-sama belum menemukan celah untuk merangsek hingga ke kotak penalti.

Pada menit ke-56, Lingaard yang berdiri bebas di depan kotak penalti Kroasia mendapat bola liar. Sayang sepakannya masih membentur barisan belakang dan hanya berbuah sepak pojok.

Setelahnya Kane mendapat umpan silang dari sisi kanan permainan. Namun saat ingin menyudul, bola lebih dulu dibuang barisan belakang Kroasia.

Gol yang ditunggu skuat Kroasia akhirnya lahir di menit ke-68. Umpan Sime Vrsaljko berhasil digapai Ivan Perisic yang menyelinap di antara dua pemain belakang Inggris. Skor 1-1 pun membuat kiper Inggris Jordan Pickford tampak kesal.


Tiga menit berselang winger milik Inter Milan itu kembali membuat kekacauan di mulut gawang Pickford. Sayang sepakannya membentur tiang. Bola muntah yang menuju Ante Rebic pun gagal dimanfaatkan menjadi gol. Sepakan pemain bernomor 18 itu terlalu pelan dan tepat ke pelukan Pickford.

Selanjutnya, gawang Inggris dalam ancaman serius. Namun, setiap peluang yang dibuat Modric dkk tak berakhir gol. Inggris pun merespons cepat namun hasilnya pun sama, gol kedua bagi tim yang beradu tidak juga tercipta.

Menit ke-77, Kane yang berdiri bebas dapat seenaknya mendorong bola daerah untuk kemudian dikejar Lingaard. Sayang umpan daerah yang dilepaskannya tidak ada yang menyambut.


Di menit ke-82 Mario Mandzukic mendapat peluang bagus di dalam kotak 12 pas. Mendapat umpan jauh, striker Juventus sempat mengontrolnya dengan dada sebelum melepaskan sepakan voli. Namun Pickford masih dapat membloknya.

SUSUNAN PEMAIN
KROASIA (4-2-3-1)
Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic (Josip Pivaric 95); Ivan Rakitic; Marcelo Brozovic; Ante Rebic (Andrej Kramaric 101), Luka Modric (Milan Badelj 119), Ivan Perisic; Mario Mandzukic (Vedran Corluka 115)
Pelatih: Zlatko Dalic

INGGRIS (3-5-2)
Jordan Pickford; Kyle Walker (Jamie Vardy 112), John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Dele Alli, Jordan Henderson (Eric Dier 97), Jesse Lingard, Ashley Young (Danny Rose 91); Harry Kane, Raheem Sterling (Marcus Rashford 74)
Pelatih: Gareth Souhtgate

 


Editor : Achmad Syukron Fadillah