Piala Dunia 2018

Inggris Tersingkir, Southgate Ingin Pasukannya Petik Pelajaran

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 12 Juli 2018 - 10:11 WIB
Inggris Tersingkir, Southgate Ingin Pasukannya Petik Pelajaran

Pelatih Inggris Gareth Southgate (depan kiri) memeluk kapten Harry Kane setelah timnya kandas 1-2 dari Kroasia pada semifinal Piala Dunia 2018, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB. (Foto: FIFA.com)

MOSKOW, iNews.id – Pelatih Inggris Gareth Southgate berlapang dada usai timnya tersingkir dari Piala Dunia 2018 usai kalah 1-2 dari Prancis pada semifinal di Stadion Luzhniki, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB. Bagi Southgate, yang terpenting anak asuhnya bisa memetik pelajaran dari hasil minor tersebut.

Pada laga tadi The Three Lions unggul terlebih dulu lewat torehan Kieran Trippier kala laga bergulir lima menit. Kemudian Kroasia mampu menyamakan kedudukan melalui Ivan Perisic (68) yang bertahan hingga babak kedua usai. Di waktu tambahan, Kroasia akhirnya mampu mencetak gol kemenangan berkat sumbangan Mario Mandzukic (109).

Usai pertandingan, Southgate memberikan ucapan selamat kepada Pelatih Kroasia Zlatko Dalic. Tak lupa, dia berjalan merangkul para pemainnya yang masih tak terima perjuangannya harus berhenti, padahal ribuan hooligans sudah datang menyerbu Moskow untuk mendukung mereka.

“Tapi saya sangat bangga dengan para pemain yang benar-benar mengalami kemajuan. Cara mereka mewakili negara telah menjadi teladan. Tak ada yang berekspektasi kami bisa sampai tahap ini. Jadi mereka harus melalui pengalaman pertandingan besar untuk menjadi tim yang bisa juara,” kata Southgate dikutip The Guardian.

“Jika Anda melihat setiap bangsa lain yang telah berhasil juara dunia, mereka harus mencapai semifinal dan tidak berhasil. Mereka harus menggunakan pengalaman itu untuk pembelajaran. Tidak hanya malam ini, tetapi semua pengalaman selama beberapa minggu terakhir yang akan membuat mereka menjadi tim yang lebih kuat,” ujarnya.

Harapan Inggris untuk juara memang sudah pupus. Tapi Harry Kane dkk masih memiliki kesempatan untuk merengkuh peringkat ketiga. Di fase itu, mereka akan bentrok dengan mantan rival di penyisihan grup yaitu Belgia, Sabtu (14/7/2018) malam WIB.


Editor : Abdul Haris