Piala AFF U-19

Kalah Adu Penalti dari Malaysia, Timnas U-19 Gagal ke Final

Reynaldi Hermawan · Kamis, 12 Juli 2018 - 21:23 WIB

Winger timnas Indonesia U-19 Saddil Ramdhani (15) dijatuhkan saat menghadapi Malaysia U-19 pada semifinal Piala AFF U-19 2018 di Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (12/7/2018) malam. (Foto: ANTARA)

SIDOARJO, iNews.id – Tim nasional Indonesia U-19 gagal ke final Piala AFF U-18 usai kalah adu penalti 2-3 dari Malaysia pada semifinal di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (12/7/2018) malam. Drama tos-tosan terpaksa dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 hingga 90 waktu normal usai.

Baru 30 detik laga bergulir, timnas U-19 sudah mendapat momentum cetak gol lewat titik putih setelah Saddil Ramdani dijatuhkan bek Malaysia Nabil Hakim di kotak terlarang. Egy Maulana yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses menyarangkan bola ke gawang tim tamu yang dijaga Muhammad Azri.

Sayang keunggulan skuat arahan Indra Sjafri itu tak bertahan lama. Pada menit ke-14, Malaysia bisa menyamakan kedudukan. Berawal dari skema sepakan pojok, bek Syaiful Alias yang berdiri bebas mampu menanduk bola dan sukses menggetarkan gawang timnas U-19 kawalan Muhammad Riyandi.

Gol penyeimbang tersebut membuat pertandingan berjalan semakin manarik. Timnas U-19 kembali mengancam pada menit ke-20 lewat tendangan bebas yang dilepaskan Saddil. Belum beruntung sepakan pemain bernomor punggung 15 itu masih membentur tiang gawang.

Delapan menit kemudian, giliran Egy yang menekan. Akselerasi cepat membuatnya dengan cepat berada di kotak penalti Malaysia dan langsung melepaskan sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Sayang sepakannya masih bisa dimentahkan Azri. Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, timnas U-19 baru memiliki peluang pada menit ke-65. Mendapat umpan lambung dari rekannya, Egy dengan cerdik mengontrol bola dan langsung melepaskan tendangan dari jarak dekat namun masih belum menemui sasaran.

Pada menit ke-86 Egy terpaksa digantikan Hanis Shagara akibat masalah pada kakinya. Sambil menitikkan air mata, pemain bernomor punggung 10 itu meninggalkan lapangan. Masuknya Hanis membuat lini serang timnas U-19 lebih tajam. Bahkan sepakannya di penghujung laga hampir berbuah gol jika tidak diantisipasi Azri dengan baik.

Skor imbang tetap bertahan hingga waktu normal usai. Pemenang laga terpaksa ditentukan lewat drama adu penalti. Pada fase tersebut hanya dua algojo timnas U-19 yang bisa melaksanakan tugasnya yakni Muhammad Luthfi dan Rivaldo Todd Ferre. Sedangkan tiga lainnya Witan Sulaeman, Firza Andika dan Hanis gagal melaksanakan tugas.

Sedangkan tiga eksekutor Malaysia berhasil menunaikan tugas dengan baik yakni Shivan Pillay, Nabil Hakim, Nik Akif. Hanya satu algojo mereka yang gagal yaitu Muhammad Zafuan.

SUSUNAN PEMAIN
INDONESIA U-19 (4-2-1-3)
M. Riyandi; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Kadek Raditya, Firza Andika; Rafi Syaharil, Syahrian Abimanyu: Egy Maulana (Hanis Sagara 86); Saddil Ramdani (Muhammad Luthfi 90), Rafli Mursalim (Rivaldo Todd  Ferre 46), Witan Sulaeman
Pelatih:
Indra Sjafri

MALAYSIA U-19 (4-4-2)
M. Azri; M. Anwar Ibrahim, Siyan Pillay, M. Syaiful Alias, Nabil Hakim; M. Nizarrudin, Karnan Thivandaran, Akif Sharian, M. Zahril Azri; M. Nurfais Johari (Ahmad Tasnim 65), M. Hadi Foyyadh (Muhammad Zafuan 85)
Pelatih:
Bojan Hodak


Editor : Abdul Haris

KOMENTAR