MotoGP

Dani Pedrosa Putuskan Pensiun di Akhir Musim 2018

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Jumat, 13 Juli 2018 - 08:41 WIB
Dani Pedrosa Putuskan Pensiun di Akhir Musim 2018

Pembalap tim MotoGP Honda Racing Corporation (HRC) Dani Pedrosa mengumumkan bakal pensiun di akhir musim 2018. (Foto: ESPN)

HOHENSTEIN-ERNSTTHAL, iNews.id - Pembalap tim MotoGP Honda Racing Corporation (HRC) Dani Pedrosa mengumumkan bakal pensiun di akhir musim 2018. Langkah tersebut disampaikan pembalap asal Spanyol itu jelang Grand Prix (GP) Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (15/7/2018).

Tim Repsol Honda diketahui telah mengontrak rider Jorge Lorenzo yang tak lain kompatriot Pedrosa. Lorenzo akan bertandem dengan Marc Marquez. Kondisi tersebut membuat Pedrosa tersingkir dari tim yang sudah dibelanya selama 12 tahun. Banyak isu beredar mengenai masa depan Pedrosa, namun pada akhirnya pembalap berjuluk The Little Spaniard itu memantapkan hatinya untuk pensiun.

“Tahun depan saya tidak akan balapan di kejuaraan MotoGP lagi. Saya akang mengakhiri karier di MotoGP pada akhir tahun,” kata Pedrosa kepada Crash.net.

Pembalap asal Spanyol itu mengaku telah memikirkan pensiun sejak lama. Namun, Pedrosa tak kunjung bulat hati untuk meninggalkan balapan yang turut membesarkan namanya.

“Saya sudah memikirkan keputusan ini (pensiun) sejak lama. Keputusan yang sangat sulit untuk saya ambil lantaran sangat cintanya terhadap olahraga ini,” ujarnya.

Pedrosa sempat dikabarkan bakal bergabung dengan tim satelit anyar Yamaha, SIC Petronas Racing. Kendati demikian, Pedrosa menampakkan gelagat kurang termotivasi jika harus membelot ke pabrikan lain.

“Meski ada peluang untuk tetap balapan, rasanya saya tidak balapan dengan intensitas yang sama dibandingkan sebelumnya. Saya kini memiliki prioritas lain dalam kehidupan," ungkapnya.

Selama 12 tahun membela Repsol Honda, Pedrosa telah memenangkan 31 balapan. Prestasi terbaiknya adalah tiga kali menjadi runner-up di klasemen akhir. 

Perpisahan Pedrosa dengan HRC mengakhiri kerja sama terpanjang antara pembalap dengan sebuah tim. Dua kali juara dunia GP250 (sekarang Moto2) itu selalu berseragam Honda sejak di kelas GP125 hingga berlaga di MotoGP.

“Saya sangat beruntung sudah diberi kesempatan untuk menjalani karier di MotoGP. Kehidupan saya sangat luar biasa karena membela tim besar di hadapan penggemar. Bisa dibilang saya telah mendapatkan lebih dari perkiraan dan bangga atas pencapaian di olahraga ini,” ungkapnya.

“Saya sudah menjalani mimpi untuk menjadi pembalap. Saya tidak pernah menyangka dapat mewujudkannya ketika kecil kerap menyaksikan balap motor di TV. Terima kasih kepada semua yang telah membantu dan sekarang saatnya untuk memulai babak baru,” katanya.


Editor : Achmad Syukron Fadillah