Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 Diwarnai Perayaan All Nike Final

Antara ยท Jumat, 13 Juli 2018 - 17:51 WIB
Piala Dunia 2018 Diwarnai Perayaan All Nike Final

Nike akan menyediakan perlengkapan untuk dua tim finalis Piala Dunia, 15 Juli mendatang di Kota Moskow. (Foto: The Telegraph)

MOSKOW, iNews.id - Final Piala Dunia 2018 tidak hanya menjadi urusan timnas Prancis dan Kroasia semata. Laga yang akan digelar di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018) malam WIB juga menjadi pekerjaan sekaligus kemenangan bagi Nike.

Keberhasilan Prancis menembus laga final dengan menumbangkan Belgia 1-0 rupanya juga menjadi kemenangan Nike. Pasalnya, dari keempat semifinalis Piala Dunia 2018 hanya Belgia tim yang tidak disponsori Nike. Itu artinya, Nike akan sibuk mempersiapkan produknya untuk Prancis dan Kroasia di malam puncak.

Dengan begitu, laga Prancis dan Kroasia ibarat all Nike final. Kondisi tersebut menjadi yang pertama bagi Nike menjadi sponsor bagi tim yang menjuarai Piala Dunia setelah terakhir kali 2002 bersama Brasil.

Di tiga edisi selanjutnya Nike tidak lagi memenangkan Piala Dunia. Italia 2006 disponsori Puma, sedangkan Spanyol (2010) dan Jerman (2014) Adidas.

Pabrikan olahraga asal Amerika Serikat tersebut akan menyediakan perlengkapan untuk dua tim finalis Piala Dunia, 15 Juli mendatang di Kota Moskow. Tim manapun yang menang, sesungguhnya menjadi kemenangan signifikan bagi Nike. Terlebih saingan utama mereka Adidas yang juga mitra lama FIFA dan Piala Dunia gagal menempatkan wakil di laga puncak.

"Kami memiliki tiga dari empat tim yang masuk semifinal dan kemudian dua tim menggunakan Nike mencapai putaran final. Kami sudah bermain sepak bola lebih dari 20 tahun dan ini pertama kalinya kami mendapatkan final kedua tim memakai produk Nike," kata Presiden Nike bidang konsumen dan pasar Elliot Hill.

"Adidas mensponsori 12 dari 32 tim di putaran final Piala Dunia Rusia dibandingkan dengan Nike yang hanya mensponsori 10 tim. Salah satu klien Adidas yang paling diunggulkan, Jerman tersingkir lebih awal di babak penyisihan grup. Sementara delapan tim lainnya melaju ke babak 16 besar," ungkapnya.

Selain Nike dan Adidas, produsen lain yang yang menyediakan perlengkapan olahraga bagi peserta Piala Dunia adalah Puma (empat tim), New Balance (dua tim), Errea, Hummel, Uhlsport, dan Umbro masing-masing satu tim. Produsen terakhir merupakan pendukung bagi timnas Peru yang mengeluarkan jersey khas dengan garis diagonal berwarna merah.

"Selain kit, kami telah sukses besar dari para pemain yang kami dukung. Jadi ini adalah Piala Dunia yang sangat sukses bagi kami, di dalam dan di luar lapangan," ungkapnya.


Editor : Achmad Syukron Fadillah