3 Alasan Kroasia Bisa Juara Piala Dunia 2018, Nomor 1 Pengalaman

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 14 Juli 2018 - 12:15 WIB
3 Alasan Kroasia Bisa Juara Piala Dunia 2018, Nomor 1 Pengalaman

Kroasia ingin mengukir sejarah meraih trofi Piala Dunia 2018. (Foto: FIFA.com)

MOSKOW, iNews.id – Tim nasional Kroasia ingin menciptakan sejarah dalam sepak bola mereka. Misi itu bisa terwujud jika tim berjuluk Vatreni itu menang lawan Prancis pada final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

Piala Dunia tahun ini, merupakan yang kelima kalinya diikuti Kroasia. Namun pada empat edisi sebelumnya mereka tidak bisa sekali pun jadi juara. Prestasi paling mentereng hanya didapat pada edisi 1998 kala mereka berhasil merebut peringkat ketiga.

Kini Kroasia diambang pintu sejarah untuk memenangkan Piala Dunia pertama. Namun bukan hanya itu yang akan memberi motivasi mereka untuk jadi kampiun. Berikut beberapa faktor lain yang bisa membuat Luka Modric dkk angkat piala dikutip laman resmi FIFA.

3. Motivasi yang luar biasa

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic telah melakukan sesuatu yang luar biasa bagi timnya. Para pemain Vatreni berulang kali mengatakan kalau situasi dalam tim saat ini sangat nyaman. Mereka seperti sebuah keluarga selama Piala Dunia.

Dari babak 16 besar hingga semifinal, Kroasia selalu bermain rata-rata 120 menit. Meski lelah, pasukan Dalic tetap menunjukkan motivasi yang luar biasa. Mereka tetap kompak sebagai tim hingga peluit panjang dibunyikan.


2. Kekuatan mental dan karakter

Denmark, Rusia dan Inggris merupakan lawan yang dihadapi di fase gugur sebelum menuju ke final. Pada tiga laga tersebut, Kroasia selalu tertinggal terlebih dulu. Namun mereka tak panik dan mampu menyamakan kedudukan dan menang di akhir laga. Kondisi tersebut menggambarkan bagaimana kuatnya mental Kroasia.

Sementara itu Kapten Luka Modric mengungkapkan selain kuat dari segi mental, timnya juga punya karakter. “Kami telah menunjukkan karakter. Kekuatan kepribadian Kroasia akan membuat kami bermain baik di final melawan Prancis. Setiap tim pemenang Piala Dunia sepanjang sejarah harus memiliki banyak karakter,” ujarnya.


1. Pengalaman membuat rasa percaya diri timbul

Modric merupakan pemimpin generasi emas Kroasia tahun ini. Selain dirinya, terdapat juga pemain Barcelona Ivan Rakitic, winger Inter Milan Ivan Perisic, bomber Juventus Mario Mandzukic, gelandang Real Madrid sekaligus rekan setim Modric yakni Mateo Kovacic, dan bek Liverpool Dejan Lovren.

Mereka rata-rata berusia 27 tahun sepuluh bulan. Dengan usia yang sangat matang, wajar rasanya jika mereka memiliki rasa percaya diri dalam bermain. Selain itu, mereka juga mendapatkan tempat dalam skuat utama di klub masing-masing.


Editor : Abdul Haris