Kisah 8 Final Piala Dunia yang Mempertemukan 2 Tim Eropa

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 14 Juli 2018 - 13:54 WIB
Kisah 8 Final Piala Dunia yang Mempertemukan 2 Tim Eropa

Andres Iniesta menentukan kemenangan Spanyol atas Belanda pada final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. (Foto: FIFA.com)

MOSKOW, iNews.id – Wakil Eropa kembali menegaskan ketangguhannya di Piala Dunia 2018. Terbukti Benua Biru itu mengirimkan dua kontingennya yakni Prancis dan Kroasia untuk bertarung pada laga final di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

Itu merupakan laga final kesembilan Piala Dunia yang mempertemukan dua tim Eropa. Dari delapan laga sebelumnya, Italia menjadi negara paling sering yang merasakan bertemu wakil satu benua di laga pamungkas yakni empat kali.

Hebatnya dalam seluruh kesempatan itu, Gli Azzurri selalu keluar sebagai juara. Berikut kisah delapan final yang mempertemukan dua wakil Eropa.


1. Piala Dunia 1934, Italia
Italia 2-1 Cekoslovakia

 

Pada Piala Dunia yang digelar di rumah sendiri, Italia di luar dugaan tertinggal terlebih dulu lewat gol Antonin Puc pada menit ke-71. Beruntung 10 menit kemudian, Gli Azzurri bisa menyamakan kedudukan lewat torehan Raimundi Orsi dan memaksa laga dilanjut ke babak tambahan. Di fase itu gol kemenangan Italia dicetak Angelo Schiavio (95).

Tahukah Anda?
Tahun 1934 adalah satu-satunya final Piala Dunia yang melibatkan dua penjaga gawang sebagai kapten tim. Giampiero Combi memimpin Italia sedangkan Frantisek Planicka menjadi kapten Cekoslowakia.


Editor : Abdul Haris

Halaman : 1 2 3 4 5 6 7 8