Piala Dunia 2018

Wasit Argentina Nestor Pitana Pimpin Laga Final Prancis Vs Kroasia

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 14 Juli 2018 - 14:20 WIB
Wasit Argentina Nestor Pitana Pimpin Laga Final Prancis Vs Kroasia

Nestor Pitana (Foto: FIFA.com)

MOSKOW, iNews.id – Wasit asal Argentina Nestor Pitana ditunjuk FIFA memimpin laga final Piala Dunia 2018 antara Prancis kontra Krosia di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

Pada laga tersebut dia akan dibantu kompatriotnya sebagai asisten wasit satu dan dua yakni Horacio Elizondo dan Juan Beletti. Wasit asal Belanda Bjorn Kuipers akan ditunjuk sebagai wasit keempat.

Penunjukan itu sekaligus membuat Pitana menjadi wasit kedua asal Argentina yang diberi kehormatan untuk memimpin laga final setelah Horacio Elizondo yang beraksi di laga pamungkas edisi 2006 antara Italia dan Prancis. Wajar rasanya jika Petana sangat bangga.

“Rasa senang ini sama seperti ketika saya diberitahu akan menjadi seorang ayah. Saya akan diberikan pengorbanan dan tanggung jawab besar. Saya telah mencapai sesuatu hal terbesar di dunia perwasitan. Saat ini saya ingin menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik mungkin,” kata Pitana dilansir laman resmi FIFA.

Di Piala Dunia 2018, Pitana sudah sempat memimpin empat laga termasuk laga pembuka antara tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi. Selain itu, wasit berusia 43 tahun juga sempat memimpin kompetisi internasional lainnya seperti Piala Dunia 2014 dan Copa America 2015.

Di level klub, Pitana juga berpengalaman memimpin laga di ajang Copa Sudamericana hingga Copa Libertadores. Rekam jejaknya mempimpin pertandingan terkenal bagus dan jarang membuat keputusan kontroversial dalam sebuah pertandingan.


Editor : Abdul Haris