Pulang ke Kampung Halaman, Griezmann Pamerkan Trofi Piala Dunia 2018

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 21 Juli 2018 - 13:11 WIB
Pulang ke Kampung Halaman, Griezmann Pamerkan Trofi Piala Dunia 2018

Antoine Griezmann mudik ke kampung halamannya di Macon, Prancis sekaligus memamerkan replika trofi Piala Dunia 2018 yang diraihnya bersama Les Bleus. (Foto: AFP)

MACON, iNews.id – Antoine Griezmann mudik ke kampung halamannya di Macon, Prancis sekaligus memamerkan replika trofi Piala Dunia 2018 yang diraihnya bersama Les Bleus, Jumat (20/7/2018) waktu setempat. Di kota kelahirannya, Griezmann disambut 2.000 penggemar yang berkumpul menunggu kedatangannya.

Griezmann memegang trofi berbalut emas 18 karat tersebut dan berdiri di atas sebuah gedung sambil melemparkan senyuman kepada ribuan warga kota kecil di timur Prancis itu. Di sana, dia ditemani sang istri, Erika Choperena dan putri Mia.

Sebuah spanduk besar bertuliskan Merci Antoine terpampang di bawah gedung tempat Griezmann berdiri. Warga Macon sangat bangga bisa melihat putra daerah mengantarkan Prancis menjadi juara Piala Dunia untuk kedua kalinya setelah 1998.

Prancis berhasil angkat piala setelah mengandaskan Kroasia dengan skor 4-2 pada partai final di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018). Pada laga tersebut, Griezmann juga berjasa menyumbang satu gol dari titik putih.

Tiga gol Prancis lainnya hadir berkat torehan bunuh diri Mario Mandzukic, Paul Pogba dan Kylian Mbappe. Sedangkan dua gol balasan Kroasia dicetak Ivan Perisic dan Mandzukic.

Sebelum pulang ke kampung halaman, Griezmann dan rekan setimnya juga melakukan parade bersama rekan setimnya usai mendarat di Bandara Kota Paris, Senin (16/7/2018). Seluruh anggota skuat timnas Prancis diarak menggunakan bus tanpa atap melewati Champs-Elysees, Paris. Ratusan ribu suporter Les Bleus menyambut para idola mereka di jalan-jalan.

Di atas kerumunan yang berpesta, sembilan jet dari Patrouille de France, unit akrobatik angkatan udara, melakukan flyover kehormatan sambil mengeluarkan asap biru, putih dan merah, simbol bendera Prancis. 

Setelah meninggalkan Champs-Elysees, para pemain berganti pakaian mengenakan jas biru untuk mempersiapkan diri disambut di Istana Elysee oleh Presiden Emmanuel Macron dan istrinya Brigitte, yang juga mengenakan pakaian biru untuk acara ini.

Sang presiden telah menjanjikan Legion of Honor untuk seluruh anggota skuat Les Bleus. Itu adalah tanda penghargaan tertinggi yang dianugerahkan oleh Presiden Prancis sejak Napoleon Bonaparte pada 1802. 


Editor : Achmad Syukron Fadillah