Piala AFF U-16

Prediksi Thailand Vs Timnas Indonesia U-16: Saatnya Jadi Juara

Abdul Haris ยท Sabtu, 11 Agustus 2018 - 08:37 WIB
Prediksi Thailand Vs Timnas Indonesia U-16: Saatnya Jadi Juara

Timnas Indonesia U-16 akan meladeni Thailand pada final Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) malam. (Foto: ANTARA/Risyal Hidayat)

SIDOARJO, iNews.id – Tim Nasional Indonesia U-16 selangkah lagi mengukir sejarah baru sebagai juara Piala AFF U-16. Syaratnya tidak mudah, tim Garuda Asia harus melibas juara tiga kali Thailand pada final di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018) malam.

Inilah kesempatan terbaik menjadi juara. Sebelumnya, prestasi terbaik Indonesia di ajang ini hanya menjadi runner up setelah dikalahkan Malaysia pada final 2013 lalu.

Melirik performa tim, Indonesia punya banyak alasan untuk optimistis. Bagus Kahfi dkk melahap lima laga di fase grup menjadi kemenangan.

Hebatnya lagi, mereka juga jadi tim tersubur dengan mengoleksi 21 gol, dan hanya kebobolan 3. Prestasi yang membuat Indonesia finis di puncak klasemen Grup A dengan poin sempurna, 15.

Kini, setelah lelah melewati lima laga fase grup dan satu laga di semifinal melibas Malaysia 1-0, Indonesia berusaha melakukan pemulihan kondisi fisik para pemainnya.

Pada latihan Jumat (10/8/2018) sore, Pelatih Fakhri Husaini menyediakan menu latihan beragam, termasuk mencoba tendangan dari titik putih dekat gawang lawan.

“Semua pemain kami dalam kondisi fit. Kami siapkan semua skenario yang bisa saja terjadi di lapangan saat final dalam latihan. Termasuk juga pemulihan fisik dan stamina pemain. Alhamdulillah saya senang mereka bisa pulih lebih cepat,” tutur Fakhri.

Ya, tim Garuda Asia patut mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal. Kerja ekstra keras perlu digulirkan, karena Thailand tim yang tangguh jika melihat penampilan mereka pada turnamen ini.

Di fase Grup B, Negara Gajah Putih itu menggilas Malaysia (1-0), Brunei Darussalam (7-0), Singapura (3-1), dan ditahan Laos (0-0), sebelum menang atas Myanmar (1-0) pada semifinal. Total 13 gol mereka cetak, dan hanya kebobolan 2, paling sedikit dari kontestan lainnya.

Melihat statistik apik tim lawan, Fakhri tak ciut nyalinya. Dia mengaku sudah mengenal gaya permainan sang rival.

“Kami sudah pernah bertemu dengan Thailand sebelumnya. Kami juga sudah mengintip mereka bertanding dan menganalisa permainan mereka. Saya melihat materi pemain yang mereka bawa juga tidak banyak berubah. Seperti saat di kualifikasi Piala AFC U-16 tahun lalu di Thailand,” ucap Fakhri.

Tahun lalu di kejuaraan yang sama, Thailand yang bertindak sebagai tuan rumah sukses melibas Indonesia 1-0 pada fase grup, 11 Juli 2017. Namun, Indonesia mampu membalasnya dengan kemenangan 1-0 pada kualifikasi Piala Asia U-16 di Bangkok, Thailand, 20 September lalu.

“Thailand tim kuat, meski dengan pelatih baru saat ini (sebelumnya Salvatore Valero). Mereka adalah tim yang bisa bermain tenang dan cerdas dalam memanfaatkan peluang sekecil apapun. Kita akan antisipasi semua hal itu,” ujar Fakhri.

PERKIRAAN PEMAIN
THAILAND U-16
(4-4-2)
Anuchid Taweesri; Pongsakorn Innet, Jakkaprong Sanmahung, Chatmongkol Rueangthanarot, Arthit Bua-Ngam; Apidet Janngam, Thanakrit Laorkai, Sarawut Soawaros, Thanarin Thumsen; Thodsawat Aungkongrat, Sitthinan Rungrueang
Pelatih: Thongcai Rungreangleas

INDONESIA U-16 (4-3-3)
Ernando Ari Sutaryadi; Amiruddin Bagas Kaffa, Fadilah Nur Rahman, Komang Trisnanda, Yudha Febrian; David Maulana, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah; Fajar Fathur Rachman, Amiruddin Bagus Kahfi, Supriadi
Pelatih: Fakhri Husaini

Prediksi: 55-45


Editor : Abdul Haris