Susah Payah Kalahkan Cilic, Nadal Amankan Tempat di Semifinal

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 11 Agustus 2018 - 17:25 WIB
Susah Payah Kalahkan Cilic, Nadal Amankan Tempat di Semifinal

Petenis Spanyol Rafael Nadal merayakan kemenangan atas Marin Cilic dari Kroasia 2-6, 6-4 dan 6-4 pada perempat final Kanada Terbuka 2018 di Aviva Centre, Sabtu (11/8/2018) pagi WIB. (Foto: Vaughn Ridley / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

TORONTO, iNews.id - Petenis nomor satu dunia Rafael Nadal harus bersusah payah mengalahkan Marin Cilic dari Kroasia 2-6, 6-4 dan 6-4 pada perempat final Kanada Terbuka 2018 di Aviva Centre, Sabtu (11/8/2018) pagi WIB.

Nadal mengaku kesulitan untuk menghadapi rentetan serangan Cilic sehingga kalah di set pertama. Baru di set kedua Nadal dapat menunjukkan performa terbaiknya dan meneruskan momentum itu di set penentuan.

“Permainannya tak terhentikan di set pertama. Saya mencoba untuk mencari solusi serta menahannya, tetapi hal itu sulit dilakukan. Dinamika pertandingan menyulitkan, jadi saya sadar set kedua menentukan,” kata Nadal di laman resmi ATP.

Petenis asal Spanyol tersebut mendapat peluang untuk berbalik unggul, ketika Cilic melakukan sejumlah kesalahan di set kedua. Nadal memanfaatkannya dengan bermain lebih agresif.

“Saya mendapat peluang ketika beberapa bolanya meleset dan membuat kesalahan untuk pertama kali sepanjang laga. Mungkin kejadian itu adalah kuncinya. Dia sempat mengejari di set kedua, tetapi dia membuat beberapa kesalahan,” ujar petenis berusia 32 tahun itu.

Di babak semifinal Nadal sudah ditunggu Karen Khachanov asal Rusia yang mengalahkan petenis Belanda Robin Haase lewat straight set 6-3 dan 6-1. Sepanjang karier profesional keduanya, mereka sudah bertemu tiga kali dan Nadal selalu keluar sebagai pemenang di seluruh laga tersebut.

“Bisa menembus semifinal sangat berarti bagi saya. Pertandingan itu sangat penting, karena merupakan awal bagus di musim turnamen yang akan didominasi lapangan keras,” tutur Nadal.

Sedangkan di pertandingan lainnya, unggulan nomor dua Alexander Zverev takluk di tangan petenis Yunani Stefanos Tsitsipas 6-3, 6-7 dan 4-6. Tsitsipas bakal bertemu wakil Afrika Selatan Kevin Anderson di semifinal, yang melaju usai mengalahkan Grigor Dimitrov dari Bulgaria 6-2 dan 6-2.


Editor : Haryo Jati Waseso