Piala AFF U-16 2018

Babak I: Gol Fajar Fathur Bawa Indonesia Unggul atas Thailand

Fitradian Dhimas Kurniawan · Sabtu, 11 Agustus 2018 - 19:58 WIB
Babak I: Gol Fajar Fathur Bawa Indonesia Unggul atas Thailand

Pemain tim nasional U-16. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

SIDOARJO, iNews.id - Tim nasional Indonesia U-16 memimpin 1-0 atas Thailand U-16 pada babak pertama final Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) malam. Gol dari Fajar Fathur membuat timnas U-16 selangkah lagi menjadi juara.

Timnas U-16 langsung tampil menyerang di tiga menit pertama babak pertama. Mochammad Supriadi melepaskan tembakan mendatar ke gawang tim asuhan Thongcai Rungreangleas itu. Tetapi, usahanya masih terlalu lemah sehingga bisa ditangkap oleh Kiper Thailand Anuchid Taweesri.

Sepuluh menit kemudian, Garuda Asia kembali mendapat peluang. Bagus Kahfi menyodok pertahanan Thailand dari sisi kiri dan melepaskan tembakan mendatar yang membuat Taweesri tak berkutik. Sayang, tembakan Bagus masih membentur tiang gawang.

Di menit ke-29, tim asuhan Fachry Husaini itu nyaris menjebol gawang Thailand. Kali ini, Supriadi yang dapat menembus pertahanan lawan dan memasukkan bola ke gawang kawalan Taweesri. Namun, gol itu dianulir karena wasit menganggap sang pemain dalam posisi offside.

Indonesia akhirnya memimpin pertandingan di menit ke-33. Andre Oktaviansyah memberikan umpan lambung dari tengah lapangan. Bola pun menuju Fajar yang langsung menyambarnya dengan tendangan first-time.

Tawesri yang maju ke depan untuk menutup ruang tembak Fajar, telat selangkah dan harus rela melihat gawangnya jebol. Gol itu membuat timnas Indonesia memimpin hingga akhir babak pertama.

SUSUNAN PEMAIN
THAILAND U-16 (4-3-3)
Anuchid Taweesri; Pongsakorn Innet, Jakraprong Sanmahung, Chatmongkol Rueangthanarot, Arthit Bua-Ngam; Thanakrit Laorkai, Sarawut Soawaros, Thanarin Thumsen; Thodsawat Aungkongrat, Sitthinan Rungrueang, Sattawas Leelan (Kittiphong Khetpara 25)
Pelatih: Thongcai Rungreangleas

INDONESIA U-16 (4-3-3)
Ernando Ari Sutaryadi; Amiruddin Bagas Kaffa, Fadilah Nur Rahman, Komang Trisnanda, Yudha Febrian; David Maulana, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah; Amanar Abdillah (Fajar Fathur 16), Amiruddin Bagus Kahfi, Supriadi
Pelatih: Fachry Husaini


Editor : Haryo Jati Waseso