Piala AFF U-16

Juara Piala AFF U-16, 2 Penggawa Timnas Luapkan Kegembiraan

Haryo Jati Waseso ยท Minggu, 12 Agustus 2018 - 00:14 WIB
Juara Piala AFF U-16, 2 Penggawa Timnas Luapkan Kegembiraan

Kiper timnas Indonesia U-16 Ernando Ari Sutaryadi menunjukkan ekspresi kegembiraan setelah menggagalkan eksekusi penalti pemain Thailand dan membawa timnya menang adu penalti 4-3, sekaligus menjadi juara Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sabtu (11/8/2018). (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

SIDOARJO, iNews.id - Tim nasional U-16 akhirnya memastikan diri menjadi juara Piala AFF U-16 2018 setelah mengalahkan Thailand U-16 lewat adu penalti 4-3, usai bermain 1-1 di waktu normal pada babak final di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (11/8/2018). Dua penggawa Garuda Asia tak bisa menyebunyikan kegembiraannya.

Kedua persona yang dimaksud adalah Bagus Kahfi dan Ernando Ari Sutaryadi. Mereka merupakan sosok penting dalam kesuksesan timnas U-16 di turnamen ini. Bagus menjadi pencetak gol terbanyak dengan torehan 12 gol.

Sedangkan Ernando adalah kiper utama timnas U-16. Dia pun menjadi pahlawan kemenangan di partai puncak, setelah mementahkan dua eksekusi pemain Thailand di fase adu penalti.

“Saya sangat senang sekali. Terima kasih kepada para suporter yang mendukung dengan sangat luar biasa,” ujar saudara kembar dari Bagas Kaffa tersebut. Ucapan tak jauh berbeda juga dilontarkan Ernando.

“Terima kepada para suporter. Dukungan mereka sangat berarti buat kami. Indonesia juara,” tuturnya. Bagi timnas U-16, ini menjadi gelar perdana mereka pada ajang Piala AFF 2018, sejak diadakan pertama kali pada 2002.

Sebelumnya, prestasi terbaik datang dari gelaran 2013 dengan menjadi runner-up. Ketika itu, Garuda Asia berhasil melaju hingga babak final. Optimisme pun membuncah, karena di semifinal timnas U-16 berhasil mengalahkan kandidat kuat juara, Australia lewat adu penalti.

Kala itu, di partai puncak menghadapi Malaysia laga juga harus berlanjut ke babak tos-tosan, setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal. Namun, timnas U-16 kemudian harus takluk dengan skor 2-3.


Editor : Haryo Jati Waseso