Liga Belanda

Main di Kandang Sendiri, Ajax Ditahan Imbang Heracles

Fitradian Dhimas Kurniawan · Minggu, 12 Agustus 2018 - 01:47 WIB
Main di Kandang Sendiri, Ajax Ditahan Imbang Heracles

Pemain Ajax Hakim Ziyech (kanan) berusaha melepaskan diri dari hadangan pemain Heracles ketika kedua tim bermain oimbang 1-1 di Amsterdam Arena, Sabtu (11/8/2018). (Foto: NRC.nl)

AMSTERDAM, iNews.id - Ajax Amsterdam harus puas bermain imbang 1-1 dengan Heracles pada laga perdana Eredivisie di Amsterdam Arena, Sabtu (11/8/2018) malam WIB. Pada laga yang disiarkan langsung oleh iNews itu, Ajax yang bermain di kandang sendiri nyaris kalah meski tampil agresif.

Ajax bermain menyerang sejak awal pertandingan. Tendangan bebas Hakim Ziyech di menit kesembilan mengancam gawang kawalan Kiper Heracles Janis Blaswich. Tetapi, sepakannya masih melambung ke atas mistar gawang.

Lima menit kemudian, De Godenzonen kembali memperoleh peluang. Kali ini Kaj Sierhuis meneruskan umpan dari Dusan Tadic. Sayang, dia belum bisa memaksimalkan peluang tersebut.

Serangan Ajax yang bertubi-tubi terus menggedor gawang Heracles. Di menit ke-24 peluang kembali tercipta. Kombinasi antara Tadic dan Ziyech nyaris membuahkan gol. Sayang, usaha Ziyech masih menghantam tiang.

Blaswich yang dipaksa terus bekerja keras, kembali menyelamatkan gawangnya di menit ke-35. Berawal dari sepak pojok, Max Wober menanduk bola menuju gawang Heracles. Tetapi, kiper asal Jerman itu dengan sigap menangkapnya, sehingga babak pertama berakhir tanpa gol.

Agresivitas Ajax tetap terjaga di babak kedua. Di menit ke-60, Tadic menggiring bola dari sisi lapangan dan menyodok ke dalam kotak penalti. Tetapi, dia tak sempat menembak karena bek lawan merebut bola terlebih dahulu.

Di menit ke-84, Heracles justru memimpin setelah menahan serangan Ajax yang bertubi-tubi. Kristoffer Peterson mencetak gol setelah menerima umpan dari Tim Breukers. Kiper Ajax Andre Onana hanya bisa terperangah melihat gawangnya jebol.

Tertinggal dari Heracles, membuat tim besutan Erik Ten Hag itu semakin gencar menyerang. Akhirnya Ajax berhasil menyamakan kedudukan tiga menit kemudian. Memaksimalkan sepak pojok Ziyech, Matthijs de Ligt menanduk bola tanpa bisa dicegah Blaswich.

SUSUNAN PEMAIN
AJAX (4-3-3)

Onana; Mazroui, De Light, Blind, Woeber (De Jong 56); Van de Beek, Eiting, Ziyech; Neres (Labyad 85), Sierhuis (Huntelaar 56), Tadic
Pelatih: Erik Ten Hag

HERACLES (4-3-3-)
Blaswich; Rossman, Proepper, Droste (Breukers 79), Van Hintum (Czyborra 82); Osman, Duarte, Van Nieff; Kuwas (Merkel 77), Peterson, Dalmau
Pelatih: Frank Wormuth


Editor : Haryo Jati Waseso